7 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik dan Sopan

Kompas.com - 17/05/2022, 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Contoh surat pengunduran diri kerja (contoh surat resign kerja) banyak tersedia di berbagai website dan dapat diakses dengan mudah. Namun demikian, Anda perlu memilih contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar.

Pasalnya, surat pengunduran diri kerja adalah surat resmi dari karyawan untuk perusahaan. Sehingga ketika memilih referensi atau contoh surat pengunduran diri kerja tidak boleh asal-asalan.

Alasan lain mengapa seseorang harus memilih contoh surat pengunduran diri kerja yang baik adalah karena pengunduran diri merupakan hal yang sensitif. Dengan membuat surat pengunduran diri kerja yang baik, Anda tidak meninggalkan kesan yang buruk atau bertindak tidak profesional pada perusahaan.

Seperti diketahui, surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang biasanya menjadi syarat administratif, untuk memberitahukan kepada atasan maupun HRD bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan.

Baca juga: Tak Jadi Hari Ini, Pengumuman Anggota BPA AJB Bumiputera Dilakukan Besok

Beberapa perusahaan atau instansi memang ada yang menyediakan contoh surat pengunduran diri karyawan sebagai aturan baku. Namun, tidak semua perusahaan atau instansi melakukan hal yang sama.

Karena itu, karyawan perlu mencari contoh surat pengunduran diri kerja jika sudah mantap untuk resign atau mundur dari pekerjaan.

Sebelum mengajukan resign, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh karyawan. Misalnya berdiskusi dengan atasan terlebih dahulu dan menyerahkan surat pengunduran diri maksimal satu bulan sebelum resign.

Hal ini penting agar perusahaan bisa menyiapkan orang untuk mengisi posisi atau pekerjaan yang Anda tinggalkan.

Baca juga: Pengusaha Genjot Produksi, Inflasi Diproyeksi Tak Meningkat Tinggi

Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai alasan resign dalam surat pengunduran diri kerja. Namun, Anda tetap harus menyatakan alasan pengunduran diri secara singkat pada surat tersebut.

Tuliskan hal-hal positif pada surat pengunduran diri Anda. Tidak perlu sungkan untuk menawarkan bantuan kepada bos di masa Anda transisi sebelum mengundurkan diri. Misalnya, melatih karyawan baru yang akan menggantikan Anda di kemudian hari.

Beberapa contoh surat pengunduran diri kerja (contoh surat resign kerja) yang baik dan benarFreepik Beberapa contoh surat pengunduran diri kerja (contoh surat resign kerja) yang baik dan benar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.