Kampus UMKM Shopee Hadir di Makassar, Siap Bantu UMKM Sulawesi Selatan Naik Kelas

Kompas.com - 18/05/2022, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar sebagai kampus pertama di Sulawesi sekaligus yang ke-9 di Indonesia.

Kampus ini fokus untuk mempercepat pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan sekitarnya melalui digitalisasi, untuk meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta memperbanyak lapangan kerja.

Baca juga: Perkuat UMKM Tanah Air, Kampus UMKM Shopee di Kaltim Dibuka

“Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Karenanya, kami kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar. Kami berharap kampus ini dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya secara optimal," ujar Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya dalam siaran resminya, Rabu (18/5/2022).

Lebih lanjut Ade memaparkan, kampus UMKM Shopee Makassar yang terletak di Jl. A. P. Pettarani No. 49, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, memberikan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat digunakan secara gratis.

Adapun fasilitasnya adalah pelatihan Intensif yang mana pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, hingga mengetahui cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital.

Baca juga: Kembangkan Bisnis, Pedagang Asal Depok Pilih Gabung Kampus UMKM Shopee

Lalu ada pendampingan bisnis yang mana trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

Selanjutnya ada fasilitas untuk pengembangan usaha yang meliputi studio foto, ruang live streaming hingga fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk.

“UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Ini menjadi alasan kami untuk terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses digitalisasi. Kampus UMKM Shopee Makassar ini ke depannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya secara digital,” kata Ade.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Shopee dalam menjangkau UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dia berharap hadirnya Kampus UMKM Shopee Makassar bisa membantu dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM.

"Harapannya, kampus ini dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu dan kualitas, serta sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” ungkap Andi.

Baca juga: Hadir di Medan, Kampus UMKM Shopee Targetkan Perluasan Pasar Pelaku UMKM Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.