Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini Penumpang Pesawat Tak Perlu Tes Covid-19 jika Sudah Vaksin Dosis 2 dan Booster

Kompas.com - 18/05/2022, 15:19 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merilis syarat perjalanan dalam negeri melalui udara terbaru yang berlaku per hari ini (18/5/2022)

Dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022, kini penumpang pesawat yang sudah vaksinasi dosis kedua dan booster tak perlu lagi melakukan tes RT-PCR maupun rapid tes antigen.

Namun, bagi penumpang yang baru vaksin dosis satu tetap wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau tes RT-PCR sebagai syarat perjalanan.

Baca juga: Warga Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka, DPR: Jangan Lengah

PPDN dengan komorbid

Sementara bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau tes RT-PCR.

PPDN dengan kondisi kesehatan khusus ini juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan yang bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sama seperti sebelumnya, syarat perjalanan rapid test antigen sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sedangkan tes RT-PCR sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat DIprediksi Capai 10 Juta Saat Mudik Lebaran 2022

Penumpang usia di bawah  tahun

Sementara bagi penumpang berusia di bawah 6 tahun tidak perlu melakukan RT-PCR atau rapid test antigen. Namun wajib didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi syarat perjalanan di atas.

"Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 (syarat perjalanan di atas) dikecualikan untuk angkutan udara perintis termasuk penerbangan di wilayah perbatasan, daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) sesuai dengan kondisi daerah masing-masing," tulis aturan tersebut.

Baca juga: Bandara Juanda Jadi Bandara Tersibuk Saat Mudik Lebaran 2022

Pemeriksaan aplikasi PeduliLindungi

Penumpang pesawat juga wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi saat akan melakukan perjalanan dalam negeri. Sebab, persyaratan perjalanan ini akan diperiksa operator transportasi menggunakan aplikasi tersebut.

SE Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022 ini diterbitkan untuk menyesuaikan dengan SE Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 18 Tahun 2022.

Dengan berlakunya SE Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022 ini, maka SE Kemenhub Nomor 36 Tahun 2022 sebagaimana telah diubah dengan SE Kemenhub Nomor 48 Tahun 2022 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com