Hadir di Makassar, Kampus UMKM Shopee Ke-9 Siap Bantu Pelaku UMKM Sulsel Naik Kelas

Kompas.com - 18/05/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Shopee dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar pada Rabu (18/5/2022). Kampus ini merupakan kampus UMKM Shopee pertama di Sulawesi sekaligus yang ke-9 di Indonesia.

Kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan dapat mempercepat pengembangan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya, melalui digitalisasi. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan pelaku UMKM di Provinsi Sulsel dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta membuka lapangan kerja.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Shopee dalam menjangkau UMKM di wilayahnya.

Baca juga: Bantu Ciptakan Suasana Nyaman dalam Rumah, Shopee Bagikan Tips dan Adakan Kampanye Shopee 6.6. Rumah dan Hobi Sale

“Saya senang bahwa inisiatif dari salah satu platform e-commerce terbaik di Tanah Air hadir di Sulsel. Upaya ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Shopee untuk membina pelaku UMKM, menumbuhkan semangat, membangkitkan produk-produk lokal, serta standardisasi UMKM,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Andi menambahkan, saat ini terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulsel. Agar bisa bersaing dengan produk industri besar, UMKM harus memiliki added value, health value, dan sertifikasi sistem.

Andi menilai, kehadiran Kampus UMKM Shopee Makassar juga membantu Pemprov Sulsel dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM.

“Kami berharap, Kampus UMKM Shopee Makassar dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu, kualitas, maupun sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” tutur Andi.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Food Driver 2022, Isi Formulir Pendaftaran Berikut

Pada kesempatan sama, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya mengatakan bahwa Kampus UMKM Shopee Makassar merupakan wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi pegiat UMKM di Sulsel.

“Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Oleh karena itu, kami kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar,” kata Ade.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.