Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 16:03 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Shopee dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar pada Rabu (18/5/2022). Kampus ini merupakan kampus UMKM Shopee pertama di Sulawesi sekaligus yang ke-9 di Indonesia.

Kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan dapat mempercepat pengembangan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya, melalui digitalisasi. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan pelaku UMKM di Provinsi Sulsel dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta membuka lapangan kerja.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Shopee dalam menjangkau UMKM di wilayahnya.

Baca juga: Bantu Ciptakan Suasana Nyaman dalam Rumah, Shopee Bagikan Tips dan Adakan Kampanye Shopee 6.6. Rumah dan Hobi Sale

“Saya senang bahwa inisiatif dari salah satu platform e-commerce terbaik di Tanah Air hadir di Sulsel. Upaya ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Shopee untuk membina pelaku UMKM, menumbuhkan semangat, membangkitkan produk-produk lokal, serta standardisasi UMKM,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Andi menambahkan, saat ini terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulsel. Agar bisa bersaing dengan produk industri besar, UMKM harus memiliki added value, health value, dan sertifikasi sistem.

Andi menilai, kehadiran Kampus UMKM Shopee Makassar juga membantu Pemprov Sulsel dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM.

“Kami berharap, Kampus UMKM Shopee Makassar dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu, kualitas, maupun sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” tutur Andi.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Food Driver 2022, Isi Formulir Pendaftaran Berikut

Pada kesempatan sama, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya mengatakan bahwa Kampus UMKM Shopee Makassar merupakan wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi pegiat UMKM di Sulsel.

“Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Oleh karena itu, kami kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar,” kata Ade.

Ade pun berharap, Kampus UMKM Shopee Makassar dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Sulsel agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya secara optimal.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Sulsel sehingga Shopee dapat berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal,” imbuhnya.

Baca juga: Kisah Agus, Perantau Asal Sragen yang Berhasil Raup Keuntungan Hanya Berbekal Aplikasi Mitra Shopee dan Keahlian Reparasi Ponsel

Kampus UMKM Shopee Makassar diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi oleh Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya, beserta jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar, Rabu (18/5/2022).
Dok. Shopee Kampus UMKM Shopee Makassar diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi oleh Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya, beserta jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar, Rabu (18/5/2022).

Fasilitas dan layanan Kampus UMKM Shopee Makassar

Untuk diketahui, Kampus UMKM Shopee Makassar berlokasi di Jalan A P Pettarani Nomor 49, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulsel.

Ade menjelaskan, Kampus UMKM Shopee Makassar memiliki sejumlah fasilitas dan layanan yang dapat digunakan secara gratis oleh pelaku UMKM.

Pertama, pelatihan intensif. Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com