Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Erick Thohir: Tak Ada Titipan Anak Sultan

Kompas.com - 18/05/2022, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, tak ada sistem anak titipan dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Ia bilang, perekrutan pegawai BUMN dilakukan dengan transparan sehingga memang yang terbaik yang akan terpilih.

"Perekrutan BUMN ini yakinlah enggak ada yang namanya anak sultan, enggak ada. Kami transparan," ujarnya dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Erick Thohir menekankan, anak titipan adalah budaya yang salah, yang tak bisa diadopsi oleh BUMN. Menurutnya, BUMN mencari pegawai yang memang memiliki kemampuan terbaik untuk berkontribusi pada perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Core Values BUMN? Seleksi Tahap 2 Rekrutmen Bersama BUMN 2022

"Kalau budaya (titip anak) di awal sudah salah, bagaimana mau menatap masa depan. Jadi kami transparan, tidak ada titipan, oleh karena itu kami ingin dapatkan yang terbaik," kata dia.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) telah membuka 2.700 lowongan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan pelat merah. Saat ini proses rekrutmen memasuki tahap kedua yaitu tes kemampuan dasar (TKD) dan core values BUMN, setelah melalui tahap seleksi administrasi.

Baca juga: Stafsus Bantah Erick Thohir Kampanye Saat Turun ke Lapangan

Lebih lanjut, Erick Thohir menambahkan, melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap Rekrutmen bersama BUMN 2022, maka pihaknya akan memberikan kesempatan magang untuk 2.300 posisi di perusahaan-perusahaan pelat merah.

"Saya sudah minta kepada para direksi, ada 2.300 diberikan kesempatan lagi untuk magang," ucapnya.

"Serta di akhir tahun ini kalau ada rekurtmen bersama lagi, kami prioritaskan yang sudah terdaftar. Tapi kembali lagi, kalian harus berikan yang terbaik ketika masuk ke BUMN," pungkas Erick Thohir.

Baca juga: 5 Tips Lolos TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.