Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFG: Dana Pensiun Bisa Kurangi Ketergantungan RI dari Modal Asing

Kompas.com - 18/05/2022, 22:11 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Senior Executive VP Indonesia Financial Group (IFG) Reza Siregar mengatakan, dana pensiun bisa mengurangi ketergantungan negara dari aliran modal asing.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan penduduk keempat terbesar di dunia. Jumlah penduduk usia 15-70 tahun yang seharusnya sudah menyiapkan dana pensiun berada di kisaran 170 juta jiwa.

"Saya percaya kalau dana pensiun kita besar itu tidak hanya kita bisa saling mengisi investasi, tetapi juga mengurangi dependensi kita terhadap kapital asing," kata Reza dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Generasi Sandwich Harus Mulai Investasi dan Siapkan Dana Pensiun Sejak Awal Kerja

Reza mengungkapkan, Indonesia bisa mencontoh beberapa negara di Asia dan ASEAN dengan tingkat penetrasi keuangan yang jauh lebih tinggi. Negara-negara tersebut, seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia.

"Jadi, savingnya bisa kita jadikan basis buat capital/dana pensiun kita. Itu bisa jaga investasi, tanpa kita harus dependensi dari luar. Investasinya juga yang baik yang berbentuk jangka panjang," ucap dia.

Adapun untuk mencapai penetrasi yang luas, Indonesia harus memperluas literasi keuangan. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan baru sebesar 38,03 persen.

Tingkat literasi asuransi sendiri baru mencapai 19,4 persen. Sementara, indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen.

Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG) Robertus Billitea menuturkan, literasi keuangan yang rendah menjadi faktor utama yang menyebabkan rendahnya penetrasi di Indonesia.

"Jadi (literasi, kebijakan, dan mitra partnership) saling mengisi. Trust atau kepercayaan harus kita buat, literasi penting, dan mudah-mudahan kita bisa bangkit," tandas Reza.

Baca juga: Sudah Ikut BPJS Ketenagakerjaan, Apakah Masih Perlu Dana Pensiun Lain?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com