Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoTo: Pesanan di Tokopedia yang Diantar GoSend Melonjak Selama Ramadhan 2022

Kompas.com - 19/05/2022, 11:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlepas dari terpaan isu pada saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), selama Ramadhan 2022 kinerja GoTo mengalami lonjakan signifikan pada berbagai layanannya.

Chief of Corporate Affairs GoTo Nila Marita mengatakan, integrasi antara ketiga platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial dapat meningkatkan jumlah transaksi dengan memanfaatkan sebagian atau seluruh layanan yang terdapat di dalam ekosistem grup.

Tercatat peningkatan tertinggi terjadi pada pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend sepanjang Ramadhan 2022 yaitu sebesar 85 persen dibandingkan Ramadhan 2021.

Baca juga: Soal Telkom Rugi Investasi di GoTo, Stafsus Erick Thohir: Ini Bisnis Jangka Panjang, Bedakan dengan Jiwasraya

Kemudian, jumlah pesanan parsel di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik GoSend sepanjang Ramadhan 2022 juga meningkat 60 persen dibandingkan Ramadhan 2021.

Selain itu, konsumen GoTo juga memanfaatkan pembayaran digital GoPay dan fasilitas GoPayLater untuk berbelanja di Tokopedia karena terjadi peningkatan signifikan untuk pesanan di Tokopedia yang dibayar menggunakan GoPay sepanjang Ramadhan tahun ini.

"Pendekatan ekosistem terintegrasi GoTo semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di platform Grup GoTo. Hal ini terlihat dari peningkatan, baik transaksi, jumlah pengguna, maupun tingkat penggunaan layanan antar platform selama bulan Ramadhan tahun ini dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/5/2022).

Selain peningkatan dari integrasi ekosistem tersebut, GoTo juga mencatatkan jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar tumbuh lebih dari 35 persen sepanjang Ramadhan 2022 dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya, jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood juga meningkat sebesar 25 persen pada Ramadhan 2022 dibanding Ramadhan 2021.

Menurut dia, pelonggaran pembatasan aktivitas sosial di Indonesia turut mendorong mobilitas masyarakat yang berdampak pada peningkatan pesanan layanan GoRide dan GoCar.

Kemudian, layanan GoFood, yang menjadi layanan pesan antar makanan yang andal dan terpercaya bagi konsumen GoTo, juga mendorong eksposur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner melalui sarana promosi digital di platform GoFood.

"Seiring terjadinya pelonggaran terhadap pembatasan aktivitas sosial, lebih banyak dilakukannya kegiatan buka puasa bersama secara offline, kunjungan dan berkumpul bersama keluarga, serta mulai kembalinya karyawan bekerja di kantor (work from office)," ucapnya.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Menghijau di Sesi I, Saham BBRI hingga GOTO Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com