Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PAN-RB kepada ASN: Jangan Memaki-maki Pemerintahan

Kompas.com - 19/05/2022, 12:46 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) harus profesional dan tegak lurus pada pemerintahan yang sah.

Dia juga mengingatkan agar ASN berhati-hati dalam bermedia sosial. Hal tersebut Tjahjo sampaikan dalam Peringatan Hari Kearsipan ke-51 di Pekanbaru, Riau, Rabu (18/5/2022).

"ASN harus menyaring apa yang akan di-share dan jangan memaki-maki pemerintahan itu sendiri," ujarnya, dikutip dari laman resmi Kementerian PAN-RB, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: ASN Bisa Kerja dari Mana Saja, Bagaimana dengan Tunjangannya?

Dalam kesempatan itu, Tjahjo menambahkan, terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) tidak lepas dari peran kearsipan. Peran penting arsip dalam pelaksanaan reformasi birokrasi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dengan menyediakan informasi autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan.

Arsip itu, sebut dia, dipergunakan sebagai rekaman dari setiap aktivitas serta menjadi alat bukti kinerja pemerintahan. Oleh karenanya, arsip menjadi kebutuhan strategis bagi kepentingan negara untuk mendorong kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, serta BUMN dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, transparansi, dan perlindungan hak-hak keperdataan rakyat.

Melahirkan pemerintahan yang baik tidaklah mudah, oleh karenanya, mantan Menteri Dalam Negeri ini mendorong instansi pemerintah harus mampu mengelola arsipnya secara mandiri, termasuk mengelola SDM dan sarana serta prasarana kearsipan yang dimilikinya.

"Arsiparis adalah pengelola informasi, bukan sekadar pengurus dokumen. Arsiparis adalah salah satu Jabatan Fungsional strategis dalam administrasi pemerintahan kita," ucapnya.

Arsip merupakan bagian penting sebagai simpul pemersatu bangsa. Dengan pengelolaan arsip yang baik dapat menjaga warisan sejarah, yang merupakan komponen utama dalam pembentukan jati diri bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, ia berharap Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai lembaga kearsipan nasional mampu menjamin tersedianya SDM kearsipan yang berkualitas dan berkarakter, menyusun standar sarana dan prasana kearsipan yang memadai, serta membangun sistem kearsipan nasional yang andal.

Baca juga: Menpan RB Minta ASN Tetap Loyal ke Penjabat Kepala Daerah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com