Apa Itu Kartu Kredit: Definisi, Untung Rugi, dan Syarat Memilikinya

Kompas.com - 19/05/2022, 18:24 WIB

KOMPAS.com - Apa itu kartu kredit? Pertanyaan tersebut berangkali cukup sering terdengar bagi mereka yang masih awam. Kartu kredit adalah bentuk pinjaman dari perbankan.

Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non-tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank.

Kartu kredit dapat membantu nasabah untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank, namun pada akhirnya nasabah harus membayar nominal yang sudah di tentukan oleh pihak bank setiap awal bulan ke bank bersangkutan.

Tentunya, tagihan yang diberikan bank kepada nasabah berupa pinjaman pokok, bunga, dan biaya lainnya.

Dengan menggunakan kartu kredit bank memfasilitasi nasabahnya untuk mempunyai waktu fleksibel dalam transaksi. Selain itu, di dalam kartu kredit terdapat fasilitas seperti promo penggunaan dan discount yang didapat oleh penggunanya.

Baca juga: Berapa Saldo Minimal ATM BCA?

Kartu kredit adalah pinjaman

Sementara itu, dikutip dari laman Bank Indonesia (BI), kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Termasuk transaksi pembelanjaan atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Untung rugi menggunakan kartu kredit

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda sebaiknya terlebih dahulu harus mengetahui untung rugi, risiko penggunaan kartu kredit, dan bagaimana sistemnya.

Kartu kredit adalah pinjaman transaksi dari bank, apa itu kartu kredit?duniabiza.com, Dok. HaloMoney.co,id Kartu kredit adalah pinjaman transaksi dari bank, apa itu kartu kredit?

Terkadang ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda akan secara tidak sadar melakukan transaksi secara berlebihan. Bagi sebagian yang mengelola keuangannya dengan buruk, kartu kredit adalah sumber masalah baru.

Baca juga: 3 Cara Menemukan ATM BCA Setor Tunai Terdekat dari HP

Jangan lupa pula untuk membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu agar tidak terjadi berlipatnya bunga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.