Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pertagas Catatkan Kinerja Positif Sepanjang 2021, Laba Bersih Capai 127,2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 19/05/2022, 18:43 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi subholding gas Pertamina berhasil meraih kinerja positif pada 2021 dengan mencatatkan laba bersih sebesar 127,2 juta Dollar Amerika Serikat (AS).

Pernyataan tersebut dipaparkan jajaran dewan komisaris dan direksi Pertagas, termasuk Direktur Utama (Dirut) Pertagas Imam Santoso dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertagas Tahun Buku 2021 di Grha Pertamina, Gambir, Kamis (19/5/2022).

Pada kesempatan itu, Imam Santoso mengatakan, laba bersih 2021 Pertagas mencapai 109 persen atau melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), yaitu 116,3 juta Dollar AS.

“Pencapaian ini sesuai hasil Laporan Keuangan Audit 2021,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: BURT Minta Inspektorat-BPK Audit Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR

Lebih lanjut Gamal memaparkan bahwa prestasi dari sisi keuangan tersebut didukung oleh pencapaian di lini usaha, cost optimization, dan kontribusi laba dari anak usaha Pertagas.

Pencapaian dari sisi lini usaha, kata dia, didukung oleh meningkatnya realisasi kinerja di sektor transportasi gas, niaga gas, dan sektor pemrosesan gas.

Realisasi transportasi gas mencapai 102 persen dari target RKAP 2021 dengan total volume pengaliran lebih dari 470.000 million standard cubic feet (MMSCF).

Adapun realisasi niaga gas juga mencapai 102 persen dengan total volume penjualan 28.867 Billion Bristh Thermal Unit (BBTU).

Baca juga: Subholding Gas Pertamina Gelar City Gas Tour Dukung Target Program 1 Juta Jargas

Sementara itu, realisasi pemrosesan gas dalam bentuk pengolahan liquefied petroleum gas (LPG) Pertagas dan anak usaha secara total mencapai 101 persen.

Selain lini bisnis utama Pertagas, Gamal menjelaskan, faktor optimalisasi biaya dan peningkatan kinerja anak-anak perusahaan Pertagas turut menjadi faktor tercapainya laba bersih melampaui target.

"PT Perta Samtan Gas berhasil mencatatkan laba bersih 46,7 juta dollar AS atau lebih tinggi 30 persen dari RKAP. Dan PT Perta Arun Gas membukukan laba bersih 23,4 juta dollar AS atau lebih tinggi 21 persen dari RKAP," ucap Gamal.

Untuk mengembangkan bisnis perusahaan, lanjut dia, Pertagas  telah menyelesaikan eksekusi atas empat proyek sepanjang 2021.

Baca juga: Dukung Pemanfaatan Energi Bersih, Pertagas Niaga Alirkan Gas ke Pabrik Minyak Goreng

Adapun empat proyek tersebut, yaitu proyek Pipa Gas Alas Dara Kemuning (ADK), LNG Filling Station Cargo Dock, Pipa Gas Tambak Lorok, dan RF Cepu.

Dalam usahanya mencapai target keuangan, Pertagas sendiri tetap memprioritaskan aspek health, safety, security and environment (HSSE) sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.

Kinerja HSSE Pertagas tercatat pada nihilnya jumlah kecelakaan kerja dengan total jam kerja selamat sebesar 9.251.587 jam kerja pada 2021.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com