Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis via Aplikasi Digital Ibu Titin, hingga Berhasil Membesarkan 3 Anaknya walau Hanya Orangtua Tunggal

Kompas.com - 20/05/2022, 10:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi orang tua memiliki tanggung jawab yang tak mudah, terlebih jika peran itu harus dilakukan seorang diri.

Tak sedikit pula anggota masyarakat yang harus menempuh berbagai perjuangan dan pengorbanan demi memenuhi kebutuhan sang anak.

Hal tersebut pun dilakukan oleh Titin Sumarni, seorang Mitra Shopee di Jakarta yang selama 14 tahun terakhir telah berjuang menghidupi anak-anaknya seorang diri.

Tak menyerah, ia yang harus mencari nafkah tanpa suaminya tetap semangat dan terus mencoba berbagai usaha untuk dapat menjadi tulang punggung bagi ketiga anaknya.

Baca juga: Kunci Sukses, Ini 5 Karakteristik Pengusaha Sukses Berbisnis lewat Media Sosial

Berjualan produk digital

Setelah mencoba berbagai jenis usaha, Titin menemukan bisnis yang menjanjikan yaitu berjualan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan layanan pembayaran berbagai tagihan serta isi saldo ShopeePay melalui aplikasi Mitra Shopee. 

“Satu-satunya keterampilan yang saya miliki adalah menjahit, dan dulu saya manfaatkan dengan bekerja di butik serta usaha jahit di rumah. Namun, saya merasa perlu bangkit mencoba tantangan baru dan memiliki bisnis yang lebih menjanjikan. Di situlah jiwa wirausaha saya semakin terdorong, dan saya memutar otak untuk bisa membuka usaha lainnya dari rumah,” ujar Titin dalam keterangannya dikutip Kompas.com, Jumat (20/5/2022). 

Usaha menjahit Titin pun tak lagi dilanjutkan, dan berbagai bisnis mulai ia coba jalani. Ia mulai dari usaha warung kopi di rumahnya yang menawarkan berbagai minuman dan makanan ringan.

Baca juga: Kisah Agus, Perantau Asal Sragen yang Berhasil Raup Keuntungan Hanya Berbekal Aplikasi Mitra Shopee dan Keahlian Reparasi Ponsel

Setelah secara perlahan berhasil mengumpulkan modal tambahan, warung kopi milik Titin mulai berkembang dan menawarkan kebutuhan masyarakat lainnya seperti bensin motor.

Tidak hanya itu, Titin juga menyadari bahwa dalam dua tahun terakhir masyarakat sudah semakin familiar dengan teknologi sehingga segala pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan transaksi pun semakin bergeser ke arah serba digital.

Melihat situasi tersebut, Titin mencoba melihat peluang yang berbeda yakni berjualan produk digital.

“Awalnya saya hanya ingin membuat tempat ‘nongkrong’ yang nyaman. Namun, di tengah era digital, saya sadar pasti banyak orang yang membutuhkan pulsa, paket data, dan berbagai kebutuhan produk digital lainnya. Di situ saya melihat adanya peluang untuk berbisnis dan bertemu dengan aplikasi Mitra Shopee," cerita Titin.

Selain warung kopi, Titin juga membuka kios pulsa dan mendapatkan banyak langganan dari masyarakat sekitar.

Dia mengaku berkat kehadiran teknologi sangat membantu dirinya dalam mempermudah usahanya dan mendapatkan penghasilan tambahan. 

Baca juga: Cerita Siti Laelatun yang Berhasil Tambah Penghasilan di Usia Senja berkat Jadi Mitra Shopee

3 anaknya kuliah

Kerja kerasnya selama belasan tahun membesarkan ketiga anaknya seorang diri telah berhasil mengantarkan putra sulungnya hingga lulus kuliah dan bekerja.

Kedua putrinya pun kini tengah menempuh perguruan tinggi.

Semua ini berhasil dicapai oleh Titin berkat semangat dan kegigihannya dalam menekuni berbagai usaha dan terus mencoba peluang baru di era digital ini.

Titin pun berbagi 3 tips untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi.

Baca juga: Ingin Sukses Berbisnis di E-Commerce? Hindari 5 Kesalahan Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.