Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Rampung, Bank Mayora Jadi "Senjata" BNI dalam Persaingan Bank Digital

Kompas.com - 20/05/2022, 17:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah resmi menyelesaikan proses pengambilalihan Bank Mayora. Rencananya, bank tersebut akan ditransformasi BNI menjadi bank digital.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, ceruk pasar di segmen UMKM serta ritel akan digali khususnya dalam pengembangan Bank Mayora ke depan. Terlebih segmen ini memiliki potensi yang masih sangat besar serta dapat berintegrasi secara erat dengan existing bisnis perseroan. 

"Bank Mayora ke depannya dipersiapkan untuk menjawab berbagai potensi pengembangan bisnis segmen UKM di seluruh Indonesia, dengan fokus awal pada mereka yang berada dalam value chain BNI dan Mayora Group saat ini," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Menkop UKM: Kewenangan Saya Terbatas untuk Tangani Koperasi Bermasalah

Lebih lanjut Ia bilang, perseroan akan tetap berintegrasi dengan pihak Mayora Group sebagai salah satu perusahaan fast moving consumer goods terbesar dan memiliki jaringan yang luas untuk menciptakan segmen bisnis unik sekaligus berdaya saing.

Dengan porsi dana murah yang kuat, BNI akan mendorong penyaluran kredit dengan suku bunga lebih rendah dari level suku bunga UMKM saat ini.

"Berbagai inovasi digital banking pun akan semakin kuat mendorong penyaluran kredit berkualitas, dan dengan suku bunga yang murah”ujarnya.

Dengan telah rampungnya proses akuisis, bank dengan kode emiten BBNI itu disebut tengah fokus melakukan koordinasi secara intensif dengan partner teknologinya yakni Sea Limited. 

"Sekarang tech partner kami tersebut sudah terlibat dalam penyusunan bisnis model bisnis dan penyusunan model teknologi informasi. Tim pengembangan bisnis telah terbentuk dengan formasi di Indonesia maupun di luar negeri," ucap dia.

Baca juga: Siap-siap, BUMN Bakal Tambah 2.300 Lowongan Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com