Analis: Rebound Saham GOTO Jadi Sebab IHSG Menghijau

Kompas.com - 20/05/2022, 18:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup hijau pada perdagangan Jumat (20/5/2022) dengan kenaikan 1,39 persen pada level 6.918,14. Kenaikan IHSG ini ditopang oleh kenaikan saham–saham berbasis teknologi digital seperti Bank Jago (ARTO), Elang Mahkota Teknologi (EMTK) dan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO).

“Kenaikan saham-saham berkat berbasis teknologi dan digital seperti saham ARTO, EMTK, GoTo menjadi katalisator utama penguatan indeks saham hari ini,” kata Reza Fahmi Riawan, Head Of Bussiness Development Division PT Henan Putihrai Asset Management dalam siaran pers, Jumat (20/5/2022).

Sejak awal pekan, atau usai libur panjang lebaran harga saham GOTO terus melaju kencang setelah sempat berada di level Rp 194 per saham. Kini harga saham GOTO berada di posisi Rp 304 per saham.

Baca juga: Sektor Teknologi Masih Tertekan, Bagaimana Prospek Saham GOTO dan BUKA?

Demikian juga dengans aham EMTK yang dalam dua hari terakhir mulai menguat 3,09 persen pada level Rp 2.000 per saham, setelah sempat anjlok di awal pekan. Namun demikian, harga saham ARTO hari ini berakhir merah, dengan pnurunan 1,18 persen di level Rp 8.375 per saham, padahal kemarin ARTO sempat melonjak 19,7 persen.

“Saham GoTo yang menguat kencang selama dua hari terakhir memberi dampak besar terhadap kenaikan indeks saham. Hal ini tidak lepas dari posisi GoTo sebagai emiten nomor lima dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI,” kata Reza.

Reza menilai laju saham GOTO ini sejalan dengan kinerja bisnisnya yang positif selama bulan Ramadan lalu. Integrasi bisnis Gojek, Tokopedia dan Gopay semakin menemukan momentumnya disaat ekonomi domestik juga tumbuh positif diatas 5,1 persen pada kuartal I tahun 2022.

Integrasi transaksi yang terjadi di GOTO misalnya pemesanan makanan melalui layanan GoFood dan membayar melalui GoPay, atau berbelanja di Tokopedia dengan membayar menggunakan GoPay dan mengirimkan menggunakan layanan GoSend.

Baca juga: Soal Telkom Rugi Investasi di GoTo, Stafsus Erick Thohir: Ini Bisnis Jangka Panjang, Bedakan dengan Jiwasraya

Selama Ramadan 2022, jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday) tumbuh 85 persen dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021.

Sementara jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instan maupun hari yang sama GoSend sepanjang bulan Ramadan 2022 naik 60 persen dibandingkan Ramadan 2021.

"Sebagai emiten dengan kapitalisasi pasar besar, kenaikan saham GoTo akan berdampak langsung terhadap indeks saham di BEI. Penguatan saham-saham teknologi dan digital lainnya juga berpengaruh terhadap penguatan indeks," tambah Reza.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.