Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Lokal Penanganan Bencana AMMDes Unjuk Gigi di Pameran Internasional

Kompas.com - 23/05/2022, 13:31 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian proaktif memperkenalkan produk-produk industri dalam negeri yang berdaya saing kepada masyarakat dunia. Salah satu produk karya anak bangsa yang diperkenalkan adalah Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Produk lokal yang inovatif dan kompetitif ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai wilayah Indonesia khususnya di pedesaan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan, Kemenperin memfasilitasi AMMDes tampil pada ajang Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua Bali, selama 23-28 Mei 2022. Pameran ini merupakan program pendamping dalam acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7.

“AMMDes memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan produktivitas dan kesehatan masyarakat di desa serta membantu dalam penanganan bencana. Untuk itu, kami berupaya agar kemampuan AMMDes ini lebih dikenal lagi ke banyak negara lain, sehingga bisa menembus pasar ekspor,” katanya dalam keterangan pers tertulis, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Ini Mobil Desa AMMDes yang Menarik Perhatian Pengusaha Terkaya di Afrika

Di Indonesia, lanjut Taufik, AMMDes penjernih air telah dimanfaatkan di wilayah Palu, Sigi dan Donggala saat terkena dampak gempa beberapa waktu lalu. “Bagi masyarakat desa atau dalam kondisi darurat bencana, kebutuhan air bersih sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas. Oleh karena itu, peran AMMDes bisa menjadi solusi,” katanya.

Pada unit lainnya, AMMDes pengumpan ambulans telah dimanfaatkan di Kabupaten Lebak, Banten serta tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yaitu Timor Tengah Selatan, Sumba Barat Daya, dan Ende. “AMMDes ambulance feeder ini telah berguna untuk membantu dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” lanjut Taufik.

Bahkan, ketika masa pandemi Covid-19 di dalam negeri, AMMDes turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Caranya, dengan melakukan alih fungsi AMMDes water tank sebagai alat penyemprotan cairan disinfektan.

Baca juga: Lawan Covid-19, AMMDes Water Tank Beralih Fungsi Semprot Disinfektan

Hal senada juga dikemukakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, R. Hendro Martono yang menuturkan, sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu, kehadiran AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah.

“Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa serta mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com