Dinilai Berjasa Bangun Transportasi Nasional, Menhub Dianugerahi Doktor Kehormatan oleh UGM

Kompas.com - 23/05/2022, 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gajah Mada (UGM) memberikan gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa pada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 20 Mei 2022.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, gelar kehormatan ini diberikan karena Menhub berperan dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan dalam konteks mikro dan makro yang merupakan satu kesisteman yang tidak dapat dipisahkan, termasuk di dalamnya bidang transportasi terutama jasa beliau dalam merajut konektivitas nusantara.

"Di tahun ini 2022, UGM kembali memberikan penghargaan kepada tokoh nasional yang memiliki jasa dan karya yang luar biasa dalam konteks aksiologi pada bidang keilmuan arsitektur dan perencanaan," ujarnya saat upacara penganugerahan, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Menhub Ajak Swasta Manfaatkan Kendaraan Tanpa Awak

Dia melanjutkan, peran dan jasa Menhub di bidang keilmuan arsitektur dan perencanaan telah dimulai sejak tahun 2004 kala Menhub masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Impian Jaya Ancol hingga kini menjabat sebagai Menteri Perhubungan.

"Budi Karya Sumadi telah memberikan intervensi intelektual sehingga dalam menjalankan berbagai tugasnya dapat menghasilkan karya yang luar biasa secara keberlanjutan," ucapnya.

Dengan jasa Menhub tersebut  sebut dia, sektor transportasi selain menghubungkan negara dengan negara lain juga dapat menghubungkan tiap daerah di Indonesia.

Selain itu, pembangunan transportasi nasional juga tidak hanya berfokus pada Pulau Jawa tetapi juga di semua wilayah dan dapat dinikmati seluruh kalangan masyarakat.

"Transportasi yang dikembangkan merupakan transportasi yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek sosial lingkungan dan ekonomi," kata dia.

Adapun penganugerahan gelar kehormatan ini tertuang dalam Keputusan Rektor UGM Nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari UGM Kepada Ir Budi Karya Sumadi yang berlaku sejak 20 Mei 2022.

"Rektor UGM menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan Doctor Honoris Causa kepada Ir. Budi Karya Sumadi, lahir di Palembang, Sumatera Selatan, tanggal 18 Desember 1956 atas jasa yang luar biasa dalam pelaksanaan pembangunan transportasi nasional di seluruh Indonesia sehingga menjadi bagian dalam memajukan sistem transportasi dan perekonomian bangsa," ujar Gugup Kismono saat membacakan SK Rektor UGM.

Baca juga: Indonesia Ditawari Gabung ICAO, Menhub: Ini Kejutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.