Mudik Lebaran 2022, Menhub: Jumlah Santunan Jasa Raharja Turun 50 Persen

Kompas.com - 23/05/2022, 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama periode mudik Lebaran 2022, PT Jasa Raharja (Persero) dilaporkan mengalami penurunan pemberian santunan kecelakaan sebesar 50 persen dibanding periode mudik Lebaran 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penurunan jumlah santunan tersebut seiring dengan penurunan angka kasus kecelakaan sebesar 29 persen dan kecelakaan yang menyebabkan korban sebesar 56 persen.

Meskipun dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait angka penurunan santunan Jasa Raharja tersebut, namun hal ini membuktikan adanya penurunan kecelakaan yang cukup drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Bayar Santunan Rp 55,4 Miliar, Jasa Raharja Sebut Angka Kecelakaan saat Mudik Turun

"Dari Jasa Raharja menyatakan secara keseluruhan jumlah santunan yang diserahkan Jasa Raharja pada periode 2022 menurun 50 persen," ujar Budi saat upacara pemberian gelar kehormatan di UGM, Senin (23/5/2022).

Pada periode 28 April-9 Mei 2022, Korlantas Polri mencatat terjadi 3.457 kasus kecelakaan lalu lintas atau turun 11 persen dibandingkan Tahun 2019.

Dari kasus kecelakaan tersebut mengakibatkan 530 korban meninggal dunia dan mengalami penurunan 40 persen dibandingkan tahun 2019.

Baca juga: Dinilai Berjasa Bangun Transportasi Nasional, Menhub Dianugerahi Doktor Kehormatan oleh UGM

Penurunan angka kecelakaan ini menurutnya didukung oleh kerja sama antar kementerian, lembaga, operator, media, dan masyarakat sehingga keberlangsungan mudik kemarin berjalan lancar.

Meskipun dia mengakui masih ada beberapa masalah yang terjadi saat pelaksanaannya seperti kemacetan, namun secara keseluruhan dapat ditangani dengan baik.

"Alhamdulillah Presiden mengakui keberhasilan penanganan mudik tahun ini, beliau surprise dan mengapresiasi karena tidak ada pemudik yang terjebak dalam waktu yang terlalu lama. Ada, tapi tidak membuat para pemudik bermasalah," jelasnya.

Selain itu, berdasarkan survei dari SMRC pada mudik Lebaran 2022, sebanyak 66 persen koresponden puas terhadap kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik.

Kemudian, sebanyak 84 persen koresponden juga puas terhadap pelayanan transportasi umum selama mudik tahun ini.

Baca juga: Ditawari Gabung ICAO, Menhub: Kemajuan Sektor Penerbangan Kita Diakui Dunia Internasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.