Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Faktor Penyebab Target Penjualan Gagal Tercapai

Kompas.com - 24/05/2022, 14:46 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Dalam mengatur goals atau target penjualan, Anda harus merencanakannya sesuai dengan tujuan perusahaan. Target disusun setelah menentukan pemilihan pasar yang akan dituju oleh perusahaan, terutama berkaitan dengan produk atau layanannya.

Penentuan target penting dilakukan untuk mengetahui strategi penjualan yang akan digunakan. Perusahaan perlu menetapkan target, agar jika suatu target dapat dicapai, perusahaan pun terpacu untuk membuat target yang dapat melampaui pencapaian sebelumnya.

Sayangnya, saat target sudah dibentuk tak jarang target tersebut gagal atau tidak mencapai goals yang sesungguhnya.

James Gwee akan membagikan faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan goals tidak tercapai dalam siniar Smart Inspiration of Smart Business bertajuk “Faktor-faktor Goals Penjualan Tidak Tercapai”

Faktor sumber daya manusia (SDM) tak jarang mengakibatkan goals tidak tercapai. Beberapa diantaranya, karena jumlah orang dalam tim tidak cukup akibat dana yang terbatas untuk merekrut lebih banyak orang.

Selanjutnya, jumlah orang cukup tapi performa kinerja yang buruk bisa memengaruhi target penjualan. Kualitas dari individu yang bekerja juga berpengaruh, sebab jika orang tersebut sudah lama bekerja dengan jobdesc yang sama akan timbul kejenuhan.

Faktor selanjutnya ialah jumlah pekerja dan kualitas sudah bagus namun tidak dikelola dengan benar. Maka dari itu, seorang manajer atau leader harus paham dengan pekerjaannya, agar bisa memantau kinerja staf berjalan sesuai yang direncanakan.

Jika sudah direncanakan namun tidak dilaksanankan, sebuah rencana hanya akan berakhir kegagalan. Melansir Intouch, berikut alasan gagalnya sebuah penjualan

Baca juga: Pemerintah Manfaatkan Kondisi Pandemi untuk Dorong UMKM 

1. Tidak Fokus pada Penjualan

Paling utama adalah tidak membuat target. Ketidakmampuan mencari target pasar sangat berdampak pada prospek penjualan.

2. Tidak Memiliki Target yang Jelas

Penjualan bisa gagal karena jika perusahaan tidak mengetahui target apa yang harus dicapai. Penjualan erat kaitannya dengan angka. Anda dapat menetapkan sendiri target pendapatan disesuaikan dengan kinerja tim dan perusahaan.

Jika Anda belum mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk mencapai target, maka lakukanlah sekarang. Buatlah angka yang realistis untuk dijadikan target penjualan Anda. Lalu, catat apa saja yang perlu dilakukan setiap hari dan minggu untuk mencapai target tersebut.

3. Melakukan Hal Sama dan Mengharapkan Hasil yang Sama

Albert Enstein mengatakan bahwa definisi kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda. Maka dari itu, kegagalan dapat juga terjadi jika tifak ada inovasi.

Coba tanyakan pada diri, kapan terakhir kali Anda mengubah cara promosi. Jika Anda tidak tahu jawabannya, maka bisa jadi itu alasan mengapa target penjualan Anda tidak tercapai.

4. Ekspektasi Berlebihan

Terlalu berekspektasi tinggi pada penjualan barang dalam jangka waktu yang sama. Anda harus menerima, dan memahami kebutuhan klien sebelum Anda membujuk mereka. Anda harus memperjelas target penjualan, cara kerja, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam mencapai target dan angka penjualan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com