Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bank Muamalat Punya Gerai Reksa Dana Syariah Online

Kompas.com - 24/05/2022, 15:02 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Muamalat berkolaborasi dengan platform FUNDtastic+ meluncurkan Gerai Reksa Dana Syariah berbasis daring (online).

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, minat nasabah perseroan terhadap produk investasi terus meningkat dari tahun ke tahun yang sejalan dengan pertumbuhan penjualan. Dia bilang, rata-rata penjualan produk tersebut tumbuh 160 persen per tahun selama 4 tahun terakhir.

"Penjualan produk investasi di Muamalat pertumbuhannya luar biasa. Oleh karena itu, kami menghadirkan layanan Gerai Reksa Dana Syariah ini dengan menggandeng partner-partner terbaik sebagai bukti komitmen kami untuk terus memberikan layanan keuangan terbaik bagi nasabah," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Simak Tarif dan Cara Menghitung Pajak Sarang Burung Walet

Sementara itu, PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) mendukung kerja sama penjualan produk investasi reksa dana secara daring yang dilakukan oleh Bank Muamalat dan FUNDtastic+.

Direktur Bahana TCW Doni Firdaus mengatakan, kerja sama ini terkait dengan perluasan jalur distribusi dan penjualan produk investasi Reksa Dana Bahana MES Syariah Fund yang telah dipasarkan Bahana TCW sejak akhir 2016.

Selain itu, Bank Muamalat juga akan memasarkan produk reksa dana Bahana Likuid Syariah (BLS), produk reksa dana dengan strategi investasi yang 100 persen berinvestasi pada deposito bank syariah.

Adapun strategi investasi pada Reksa Dana MES Syariah ini sebesar 80-100 persen portofolio akan diinvestasikan dalam efek obligasi pemerintah/korporasi syariah. Kemudian, sebesar 20 persen akan diinvestasikan pada efek pasar uang syariah.

"Saat ini, Bahana TCW telah mengelola empat reksa dana berkonsep endowment fund yakni reksa dana Makara Prima, reksa dana Syariah Bahana PTS Generasi Gemilang untuk pengembangan di bidang pendidikan, reksa dana Kehati Lestari untuk pengembangan di bidang biodiversitas dan konservasi lingkungan serta reksa dana Bahana MES Syariah Fund," kata dia.

Baca juga: BPK: Dana Rp 289,85 Miliar Program Kartu Prakerja Salah Sasaran

Dengan kerja sama ini, Bank Muamalat akan dapat melakukan penjualan produk investasi Reksa Dana MES Syariah kepada nasabahnya melalui tenaga penjual dan jaringan Bank Muamalat di seluruh Indonesia.

Hal ini sekaligus memperkuat penetrasi produk sebagai salah satu alternatif investasi yang sebelumnya telah dipasarkan oleh FUNDtastic sebagai agen penjual reksa dana Reksa Dana MES Syariah.

Bahana MES syariah merupakan jenis reksa dana pendapatan tetap yang konsep pengelolaan investasinya memperhatikan kaidah serta aturan syariah. Hingga akhir Maret 2022, jumlah total investor pada Reksa Dana MES Syariah mencapai lebih dari 40.000 number of account (NOA) dengan total nilai aktiva bersih (NAB) mencapai Rp 237,06 miliar.

Baca juga: Soal Penyebab Banjir Rob Semarang, Pemerintah Sebut karena Ketinggian Pasang Air Laut Ekstrem

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com