Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPR Brilian Investama Re-branding, Kini Ajukan Kredit hingga Buka Rekening via Daring

Kompas.com - 25/05/2022, 13:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Brilian Investama melakukan pembaharuan citra merek (re-branding). Tujuan utamanya sebagai upaya peningkatan bisnis dan pelayanan kepada nasabah sesuai dengan standar pelayanan terbaik.

BPR Brilian Investama mulai mengembangkan produknya ke sistem digital. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat terhadap penggunaan layanan bank digital. Seperti pelayanan simulasi pengajuan kredit dan pelayanan pembukaan rekening bisa dilakukan via online.

"Kita menyediakan website di mana memudahkan nasabah terutama di era digital saat ini. Seperti formulir pembukaan rekening dan simulasi pengajuan kredit yang tersedia di website," ujar Direktur Utama Bank BPR Brilian Investama Burham Purbaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh 9,1 Persen pada April 2022

Dari segi market, lanjut Burham, BPR Brilian Investama mengubah target segmen untuk pengusaha UMKM dari kelas menengah. Sedangkan dari arah pembiayaan, yang awalnya dari sektor konsumtif menjadi produktif.

"Sebanyak 70 persen market kita akan ditujukan kepada pengusaha kecil, pengusaha perorangan, dan medium-size," katanya.

Dari sisi inovasi produk keuangan, BPR Brilian Investama menghadirkan dua kategori, yaitu produk tabungan dan produk deposito serta produk pinjaman. Produk tabungan terdiri dari Simpanan Reguler (SeRu), Simpanan Impian (SimPian), dan Simpanan Bebas (SimAs).

Burham mengatakan untuk Simpanan Bulanan Terjamin Aman (SulTan) adalah satu-satunya produk deposito BPR Brilian Investama. Untuk produk pinjaman, BPR Brilian Investama memiliki Beragun Tunai Tambah Aset (BerTambah) dan Pinjaman Brilian Mudah Ringan (PiLiHan).

Baca juga: Penyesuaian Bisnis, LinkAja PHK Karyawannya

Menurutnya, inovasi produk investasi yang menjadi andalan BPR Brilian Investama adalah Simpanan Bebas. Pada produk ini BPR Brilian Investama memberikan hadiah di muka kepada nasabah saat nasabah tersebut membuka tabungan.

"Nasabah bebas menentukan apa hadiah yang akan dia dapatkan," ujarnya.

Burham menambahkan, dengan jajaran baru di direksi BPR Brilian Investama pula, pihaknya siap bersaing di industri jasa keuangan saat ini. Salah satu strategi yang akan diterapkan BPR melalui pendekatan pelayanan.

BPR Brilian Investama berkomitmen menerapkan standar pelayan khas bank umum.

"Saat ini kita sudah menangkap nasabah-nasabah bank umum. Sebelumnya mereka tidak punya portfolio di BPR, tapi sekarang mereka mau menempatkan dananya ke kita. Level kita sudah di atas BPR lainnya," tuturnya.

Selain itu, pertumbuhan tingkat kepercayaan publik terhadap BPR Brilian Investama dapat dilihat dari meningkatnya dana pihak ketiga yang tumbuh sebesar 87 persen. Menurut Burham hal ini terjadi karena standar pelayanan BPR Brilian Investama lebih baik dari BPR lain.

Baca juga: Kembali Diperpanjang, Relaksasi Denda dan Pembayaran Minimal Kartu Kredit Berlaku Hingga Akhir Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com