Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekati Pasar UMKM, Lion Parcel Operasikan Gudang Ramah Lingkungan di Surabaya

Kompas.com - 25/05/2022, 21:01 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Lion Express atau Lion Parcel mengoperasikan gudang baru di area Surabaya, Rabu (25/5/2022). Pengoperasian gudang baru tersebut sebagai upaya untuk mendekati lokasi pangsa pasar yakni Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Gudang Lion Parcel berada tidak jauh dari Bandara Internasional Juanda Surabaya tepatnya di Pergudangan Fortune Blok A30-A31, Jl. Tambak Sawah No.6, Tambakrejo, Kecamatan Waru, Sidoarjo.

UMKM menurut menurut Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto adalah pasar potensial karena menurut dari Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, UMKM berkontribusi sebesar 57,81 persen terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jawa Timur.

Baca juga: Lion Parcel Ungkap Tantangan Industri Logistik Selama Pandemi Covid-19

Selain mendekati lokasi pelaku UKM di Jawa Timur yang jumlahnya cukup signifikan, juga untuk memberi fasilitas pelanggan di wilayah Surabaya yang tercatat sebagai 5 daerah dengan volume pengiriman tertinggi.

Saat periode Ramadan dan Lebaran lalu, Lion Parcel mengalami lonjakan volume pengiriman hingga 30 persen dibandingkan rata-rata per bulannya.

"Sementara berdasarkan data pengiriman Lion Parcel, Surabaya sendiri masuk ke dalam 5 besar kota origin dengan volume pengiriman tertinggi selama periode tersebut," kata Kenny kepada Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Ramadhan dan Lebaran 2022, Lion Parcel Catatkan Peningkatan Pengiriman Paket 30 Persen dari Biasanya

Pengelolaan sampah berkelanjutan

Gudang Lion Parcel di area Surabaya memperluas cakupan praktik bisnis ramah lingkungan yang sebelumnya telah diterapkan di Jabodetabek.

Bekerja sama dengan Rekosistem, proses pengelolaan sampah berkelanjutan secara end-to-end telah dijalankan Lion Parcel sejak akhir 2021 dan berhasil mendaur ulang hingga 6 ton sampah logistik yang masih akan bertambah setiap harinya.

Perluasan praktik bisnis ramah lingkungan ini pastinya akan turut berkontribusi terhadap penguatan ekosistem praktik bisnis berkelanjutan dan juga membantu pemerintah kota Surabaya dalam penanganan sampah terpadu.

"Pengelolaan sampah yang berkelanjutan pada gudang baru kami mendukung pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah di kota Surabaya dan sekitarnya serta mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat di mana pun kami beroperasi," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com