Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Daftar, LPDP dan Kemenkomarves Beri Beasiswa Bidang Metalurgi dan Sains

Kompas.com - 25/05/2022, 21:25 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu pejuang beasiswa kuliah dan tertarik menggeluti dunia sains? Segera daftar beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bidang metalurgi dan sains material.

Asdep Industri Maritim dan Transportasi, Firdaus Manti mengatakan, beasiswa kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) ini membuka pendaftaran beasiswa hingga 5 Juni 2022.

Program ini dibuka untuk program magister (S2) selama 3 tahun, pelaksanaan studi sendiri akan dilangsungkan di School of Metallurgy and Environment, Central South University, China dengan kekhususan pada New Energy Materials dan Comprehensive Utilization of Resources.

Baca juga: Siapkan Talenta Ekonomi Digital, Lazada Berikan Beasiswa Rp 1 Miliar

"Beasiswa ini khusus untuk mempelajari bidang metalurgi di mana pemerintah sedang menggiatkan untuk hilirisasi sumber daya energi khususnya mineral sehingga kita memerlukan ahli di bidang metalurgi terkait perkembangan baterai untuk kendaraan listrik maupun energy storage system," kata Firdaus Manti dalam konferensi pers, Rabu (25/5/2022).

Dia menuturkan, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi substansi sebelum mendapatkan pengumuman akhir di tanggal 20 Juni 2022.

Program ini ditujukan untuk masyarakat umum maupun ASN dan diutamakan bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Kimia, Teknik Kimia, Fisika, Sains Material, Teknik Material, Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Produksi, dan Teknik Manufaktur.

Nantinya, kelas yang dapat diikuti di School of Metallurgy and Environment di CSU, China, ada dua kelas, yakni new energy material class dan comprehensive utilization of resources class.

Persyaratan

Apa saja syaratnya?

Syarat pendaftaran beasiswa ini secara umum meliputi usia, IPK, dan bahasa. Supaya lebih jelas, berikut ini syarat-syaratnya:

1. Usia 35 tahun untuk masyarakat umum, 37 tahun untuk PNS (42 tahun untuk PNS dengan jabatan fungsional).

2. IPK minimal 3,00 pada skala 4

3. Bahasa:

a. Peserta menyampaikan sertifikat Toefl iBT 85/IELTS 6,0.

b. Jika syarat kemampuan bahasa Inggris pada poin b belum terpenuhi, pendaftar tetap dapat mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi LPDP.

c. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa LPDP harus menyampaikan kembali syarat kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 85 atau IELTS 6,0 kepada LPDP sebelum penandatanganan Surat Pernyataan (SP) dan pengajuan Letter of Guarantee (LoG).

Jika poin c tidak terpenuhi, maka komponen pendanaan beasiswa oleh LPDP tidak dapat dilaksanakan. Seluruh informasi lebih lengkap terkait teknis pendaftaran dan persyaratan dapat diakses melalui website resmi lpdp.kemenkeu.go.id.

Baca juga: Tingkat Pengangguran 18 Persen, Google Indonesia Siapkan Beasiswa Data Analis untuk 10.000 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com