Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ada "Switch Over" 5 di Stasiun Manggarai, DJKA: untuk Menata Perjalanan Kereta Api

Kompas.com - 25/05/2022, 21:28 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan kegiatan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai pada 27 dan 28 April 2022.

Sekretaris Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api sehingga pembangunan Stasiun Manggarai dapat dilanjutkan dan sesuai jadwal.

"Banyaknya jalur KA yang bersilang yang menyebabkan penataan lintas perlu dilakukan untuk mengakomodasi perjalanan KA di satsuiun ini," ujar Zulmafendi saat acara Ngobras di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Ada Pengerjaan Proyek di Stasiun Manggarai, Ini Perubahan Rute Operasi KRL Commuter

Seperti ini kegiatan SO5 yang dilakukan di Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai yang merupakan stasiun sentral saat ini memiliki sekitar 7 jalur KA yag saling bersimpangan sehingga diperlukan integrasi dengan intermoda dan antar moda lainnya.

"Sekaligus menjadi pangkal Double Double Track mengingat lokasinya yang strategis ini menajadi titik temu kereta dari Bogor, Jakarta, dan Bekasi," ucapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan SO 5 ini dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara untuk Jalur 1 dan Jalur 2, sekaligus menutup Jalur 3, mengganti sistem persinyalan, serta memasang dan mengganti jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.

Terdapat total 8 titik pengerjaan sehingga pekerjaan struktur sipil bangunan gedung Stasiun Manggarai sisi timur bisa mulai dikerjakan agar target pengoperasian bangunan gedung di tahun 2023 bisa terealisasikan.

Baca juga: Menhub: Manggarai Sama dengan Stasiun di Kota-kota Besar Dunia

Apa yang terjadi pasca-SO5? 

Dengan demikian, setelah kegiatan SO 5 dilakukan, akan terjadi penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai yang digunakan untuk melayani penumpang kereta api.

Pasca SO 5 nanti, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Sementara, untuk KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

"Kita harap masyarakat setelah adanya SO 5 ini akan ada perubahan-perubahan. Mungkin dalam waktu tertentu akan sedikit mengalami hambatan-hambatan atau gangguan-gangguan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com