Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Tak Perlu Menyeberang Rel

Kompas.com - 26/05/2022, 06:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia memastikan penumpang KRL tidak perlu menyeberang rel lagi saat transit di Stasiun Manggarai.

Hal ini setelah perubahan pola operasional KRL pada 28 Mei mendatang akibat kegiatan switch over kelima (SO 5).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, nantinya proses transit akan jauh lebih mudah, di mana penumpang hanya perlu naik atau turun stasiun.

"Transit di Manggarai itu kayaknya ruwet, transit saat ini tidak perlu menyeberang rel. Tinggal turun atau aik pakai tangga manual atau lift. Jalur bawah 6 dan 7 atas 10 hingga 12," ujar Anne saat acara Ngobras di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Alasan Ada Switch Over 5 di Stasiun Manggarai, DJKA: untuk Menata Perjalanan Kereta Api

Kemudahan proses transit ini lebih diperlukan di Stasiun Manggarai yang jumlah penumpang transitnya lebih banyak dari jumlah penumpang masuk.

Dengan tidak perlu lagi menyeberang rel saat transit maka dapat meningkatkan keselamatan penumpang di stasiun ini karena pergerakan penumpang yang melintasi rel berkurang drastis.

"Penumpang yang masuk dari Stasiun Manggarai sangat kecil sekali sebenarnya di bawah 5.000 untuk gate innya. tapi kalau transit ini yang sangat luar biasa, sekitar 20.000-200.000 orang saat ini yang transit itu justru crossing (menyeberang rel)," jelasnya.

Baca juga: Ada Pengerjaan Proyek di Stasiun Manggarai, Ini Perubahan Rute Operasi KRL Commuter

Dengan adanya perubahan pola operas KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.