Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Larang Instansi Pemerintah Impor Barang Luar Negeri, Ketua MPR: Peluang bagi INKA

Kompas.com - 27/05/2022, 09:00 WIB
Muhlis Al Alawi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesyo mengatakan larangan Presiden Jokowi bagi seluruh instansi pemerintah mengimpor barang-barang dari luar negeri menjadi peluang bagi PT Industri Kereta Api (INKA) untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi di dalam negeri.

“Justru ini peluang bagi PT INKA untuk memenuhi harapan (kebutuhan moda transportasi) pemerintah dan himbauan presiden untuk mengurangi devisa Indonesia yang keluar. Dalam situasi seperti ini tentunya harus menghemat devisa,” ujar Bambang usai berkunjung di PT INKA di Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (26/5/2022).

Di PT INKA, Bambang melihat aneka produk buatan anak bangsa berupa kereta cepat, trem baterai, bus listrik, container hingga Pertashop. Tak hanya itu, Bambang juga mencoba langsung trem baterai buatan PT Inka.

Menurut Bambang, pemerintah saat ini berkomitmen agar segala sesuatu lebih mengutamakan produk dalam negeri. Untuk itu, PT INKA sebagai perusahaan dalam negeri harus mampu memenuhi kebutuhan pemerintah salah satunya moda transportasi.

“Tantangan yang dihadapi PT INKA bagaimana bisa memenuhi keinginan presiden. Komitmen pemerintah saat ini untuk segala sesuatunya produk dalam negeri,” jelas Bambang.

Baca juga: KAI Commuter Gandeng INKA Buat Pengadaan 16 Rangkaian KRL Baru

Tak hanya memenuhi kebutuhan pemerintah dalam bidang transportasi seperti kereta api, Bambang juga meminta total kandungan dalam negeri (TKDN) di PT INKA akan semakin meningkat. Saat ini untuk kereta berpenggerak bahan-bahan yang berasal dalam negeri mencapai 42 persen.

Bambang optimis penggunaan produk dalam negeri dalam pembuatan kereta akan terus naik mengingat kereta api diakui sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman akan terus dikembangkan kedepannya.

Selain itu, produk kereta buatan PT INKA sendiri pun sudah dipakai berbagai negara seperti Banglades, Filipina, Malaysia hingga negara-negara di Benua Afrika.

“Saya dapat melihat langsung INKA membuat inovasi yang luar biasa. Tidak hanya kursi kereta api, tetapi membuat alat transportasi yang murah , cepat, aman dan pasti. INKA berinovasi buat bus listrik, coolstorage, pertashop,” jelas Bambang.

Baca juga: Sediakan Moda Transportasi Listrik di Kawasan WIsata, PT TCW Gandeng INKA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com