Daftar Negara Pemberi Utang ke Indonesia, Singapura Juaranya

Kompas.com - 27/05/2022, 10:33 WIB


KOMPAS.com – Informasi seputar negara pemberi utang ke Indonesia kerap memunculkan rasa penasaran. Lantas, utang Indonesia ke negara mana saja?

Statistik Utang Luar Negeri Indonesia Vol XVI Mei 2022 yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkap data terbaru mengenai daftar utang Indonesia 2022.

Dari dokumen tersebut juga terdapat penjelasan terkait negara pemberi utang terbesar ke Indonesia dari tahun ke tahun, termasuk utang Indonesia ke China 2022.

Baca juga: Mengapa Negara Harus Berutang?

Berdasarkan dokumen tersebut, dikutip pada Jumat (27/5/2022), posisi utang luar negeri Indonesia pada akhir triwulan I 2022 tercatat sebesar 411,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 6.033 triliun (kurs Rp 14.661 per dollar AS).

Angka tersebut tergolong turun, jika dibandingkan dengan posisi utang luar negeri Indonesia pada triwulan sebelumnya sebesar 415,7 miliar dollar AS.

Perkembangan tersebut disebabkan oleh penurunan posisi utang luar negeri sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) dan sektor swasta.

Baca juga: Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus pada Perdagangan dan Industri?

Secara tahunan, posisi utang triwulan I 2022 mengalami kontraksi sebesar 1,1 persen (YoY), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada triwulan sebelumnya yang sebesar 0,3 persen (YoY).

Utang Indonesia ke negara mana saja?

Berdasarkan data bulan Maret 2022, negara pemberi utang terbesar ke Indonesia adalah Singapura, mengalahkan negara-negara pemberi utang lainnya.

Utang Indonesia ke Singapura menjadi yang paling banyak jika dibandingkan dengan utang dari negara lain.

Baca juga: Bukan Cuma Pinjaman Luar Negeri, Ini Jenis-jenis Utang Negara

Di periode ini, Singapura mencatatkan total pinjaman ke Indonesia sebesar 60,9 miliar dollar AS atau setara Rp 892,8 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.