Wall Street Ditutup Hijau, Saham–saham Teknologi "Bullish"

Kompas.com - 28/05/2022, 07:10 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa Saham Amerika Serikat atau Wall Street ditutup hijau pada perdagangan Jumat (27/5/2022). Kenaikan bursa saham AS ditopang oleh kinerja saham – saham teknologi di Nasdaq.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 1,7 persen pada level 33.212,96, disusul oleh S&P 500 yang naik 2,4 persen atau 100,4 poin, dan dilanjutkan oleh Nasdaq Komposit yang melonjak 3,3 persen menjadi 12.131,13.

“Saham–saham mulai mengambil napas hari ini dan membuat beberapa penyesuaian di pasar setelah sebelumnya turun jauh dengan cukup cepat dan mendukung indeks bergerak stabil,” kata,” Tom Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investments, dikutip dari CNBC.

Baca juga: Wall Street Ditutup Menguat, Harga Saham–saham Retail Melonjak

Sebuah laporan yang menunjukkan inflasi sedikit melambat membantu memberikan dorongan pergerakan saham ke arah positif pada hari Jumat. Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti naik 4,9 persen di bulan April, turun dari sebelumnya 5,2 persen.

Investor pada hari Jumat juga terus mencermati laporan pendapatan ritel. Saham Ulta Beauty naik hampir 12,5 persen setelah perusahaan melaporkan hasil kuartalan yang lebih baik dari perkiraan, sementara Gap bertambah 4,3 persen meskipun pesimis dengan perolehan laba di kuartal selanjutnya.

“Konsumen tampaknya memiliki pendekatan untuk pembelanjaan. Kebutuhan segmen kelas bawah dan pembelanjaan mewah kelas atas tampak baik-baik saja. Pelaku bisnis juga mulai menyesuaikan narasi soal “penurunan daya beli” yang mana ini terlalu dilebih-lebihkan,” kata Christopher Harvey dari Wells Fargo.

Baca juga: IHSG Kembali ke Posisi 7.026, Saham Perbankan Big Caps Laris Diborong Asing

Saham-saham teknologi bullish, dengan kenaikan saham Autodesk 10,3 persen, Dell Technologies juga melonjak 12,8 persen, Marvell naik 6,7 persen, sementara Zscaler dan Datadog juga menguat masing-masing 12,6 persen, dan 9,4 persen.

Jeff Kilburg, kepala investasi Sanctuary Wealth, mengatakan dia melihat pasar Treasury mulai membaik untuk sentimen di pasar saham. Imbal hasil Treasury AS 10 tahun telah turun di bawah 2,75 persen dari puncaknya yang melebihi 3 persen tahun ini.

“Saya tidak menyebutnya sebagai reli di saat trend bearish, namun hanya reposisi. Banyak orang menjadi terlalu pesimis. Jika Treasurys berada di bawah 2,75 persen, maka ini memungkinkan ekuitas pulih, meskipun bersifat jangka pendek,” ujar Kilburg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.