Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Badan Pangan Nasional Jaga Stabilitas dan Ketersediaan Gula

Kompas.com - 28/05/2022, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pangan Nasional atau NFA (National Food Agency) berupaya menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan, salah satunya komoditas gula. Caranya adalah dengan mendorong penguatan harga gula di tingkat petani maupun konsumen.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, seluruh pabrik gula dapat membeli gula kristal putih produksi petani tebu rakyat sesuai harga di tingkat petani yang berlaku saat ini yakni Rp 11.500 per kilogram, meningkat Rp 1.000 dari tahun lalu.

“Rp 11.500 itu harga minimal, kalau nanti lelangnya Rp 12.000, ya harus dibeli Rp 12.000. Kenapa demikian, karena produksi itu pasti ikut kalau kesejahteraan petani baik, dan di tingkat hilirnya, kita juga jaga harga ditingkat konsumen, yakni di harga Rp 13.500,” kata Arief pada dalam siaran pers Sabtu (28/5/2022).

Baca juga: Datangi Pasar Cibinong, Badan Pangan Nasional Temukan Harga Daging Sapi Mahal

Menurutnya, pabrik-pabrik Gula yang dikelola BUMN seperti ID FOOD, PTPN maupun private sector dapat menjaga keseimbangan selain harga ditingkat hulu di petani juga harga di hilir tingkat konsumen.

“Hulu hilir harus seimbang. Jadi jangan di hulunya saja dijaga agar inflasinya bagus, tapi hilirnya tidak diperhatikan. Di hulu, harga telur misalnya, harga beras dan padi, ayam, terutama produk-produk yang bisa diproduksi dalam negeri dan tidak impor. Hal ini sebagaimana yang diamanahkan Presiden Joko Widodo untuk mengoptimalkan produk pangan lokal,” katanya.

Baca juga: Badan Pangan Nasional: Produksi Kedelai Hanya Cukup Buat 1 Bulan, Perlu Impor 2,8 Juta Ton

Dia juga menghimbau agar para pedagang yang terlibat dalam komoditas terutama gula, jangan selalu membeli dengan harga murah.

Kalau pemerintah menyampaikan harganya Rp 11.500, maka harga lelang di bawah itu seharusnya dibatalkan, supaya tingkat kesejahteraan petani juga meningkat dan sustain.

Baca juga: Badan Pangan Nasional: Minyak Goreng Surplus 663.493 Liter, Stok Aman

Sementara itu, Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan menambahkan saat ini Pabrik gula yang dikelola ID FOOD Group mulai musim giling 2022.

Melalui Holding Pangan ID FOOD pada pabrik - pabrik gula yang dikelola, diharapkan dapat mendukung program Pemerintah kemandirian pangan gula nasional.

“Target produksi gula dari musim giling tahun ini sebesar 283.691 ton. Target tersebut terdiri dari jumlah tebu tergiling sebanyak 3,6 juta ton tebu dengan produktivitas sebesar 76 ton/ha dan target rendemen sebesar 7,74 persen,” jelas Frans.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com