Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Tetap Beroperasi di Rusia, McDonald's Bakal Ganti Nama

Kompas.com - 30/05/2022, 10:30 WIB
|

MOSKOW, KOMPAS.com - McDonald's di Rusia telah diambil alih oleh pengusaha lokal bernama Alexander Govor. Pengambilalihan terjadi agar restoran cepat saji itu bisa tetap beroperasi di sana usai keputusannya meninggalkan Rusia sebagai reaksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Oleh karena itu, nama McDonald's di Rusia pun akan berganti. Sejauh ini, ada 4 opsi nama yang dipertimbangkan, yaitu Fun and Tasty, The Same One, Just Like That, dan Open Checkout.

Dikutip dari CNN, Senin (30/5/2022), pengajuan paten diajukan sejak Jumat pekan lalu. Merek dagang McDonald's yang akan berganti nama sudah terdaftar di agen Rospatent Rusia.

Baca juga: Menilik Kronologi Investasi Telkom di GOTO, Masih Cuan...

Adapun rantai burger terbesar di dunia memiliki hampir 850 restoran di Rusia. McDonald's menjual toko-toko tersebut kepada pemegang lisensi lokal Alexander Govor, yang menjalankan operasi untuk 25 restoran.

Sebagai informasi, McDonald's telah mengumumkan akan meninggalkan Rusia sejak awal bulan ini sebagai tanggapan atas kampanye militer Rusia kepada Ukraina. Mundurnya McDonald's juga merupakan bagian dari kemarahan dan sanksi negara barat.

Keputusan tersebut lantas mengakhiri hubungan 3 dekade McDonald's dengan Rusia. McDonald's sendiri membuka restoran pertamanya di Moskow pada 31 Januari 1990.

Dalam laporan pendapatan terbarunya, McDonald's mengungkapkan penutupan restorannya di Rusia telah menelan biaya sebesar 127 juta dollar AS pada kuartal terakhir. Hampir 27 juta dollar AS berasal dari biaya staf, pembayaran sewa, dan persediaan makanan. Sedangkan 100 juta dolar AS lainnya berasal dari makanan dan barang-barang lain yang harus dibuang.

McDonald's memiliki 847 restoran di Rusia hingga akhir tahun lalu. Bersama dengan 108 restoran lainnya di Ukraina, negara ini menyumbang 9 persen dari pendapatan perusahaan pada tahun 2021.

Baca juga: Hari Kedua Perubahan Pola Operasi KRL, Masih Ada Keterlambatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+