Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute KRL Berubah, Transjakarta Tambah Bus Manggarai-Blok M

Kompas.com - 30/05/2022, 17:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengerahkan 5 unit armada tambahan guna mengantisipasi penumpukan penumpang akibat adanya perubahan rute KRL Jabodetabek.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta Iwan Samariansyah mengatakan, armada tambahan disiapkan supaya dapat membantu mengurangi penumpukan penumpang.

"Transjakarta melakukan penambahan sebanyak 5 unit single bus pada layanan Manggarai-Blok M (6M)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Perluas Bisnis di Luar Negeri, BNI Gandeng KB Kookmin Bank

Dia menambahkan, penumpang juga tetap bisa memanfaatkan layanan yang sudah ada, yaitu Manggarai-UI (4B), Pulogadung-Tosari (Koridor 4), dan Pulogadung-Kuningan (4D).

Masing-masing rute tersebut beroperasi dengan kapasitas penuh yakni 50-60 orang pelanggam dan waktu tunggu 5 menit

"Pelanggan diminta untuk tetap memenuhi aturan protokol kesehatan yang berlaku selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1," kata dia.

Seperti diketahui, sejak Sabtu (28/5/2022), terdapat perubahan pada rute perjalanan KRL lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo akibat pelaksanaan Switch Over (SO) kelima di Stasiun Manggarai.

SO 5 ini untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai, yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara.

Baca juga: 3 Cara Cek Rute dan Jadwal Baru KRL Jabodetabek

Dengan adanya perubahan pola operasi KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Baca juga: Jadwal KRL Feeder di Stasiun Manggarai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com