Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Ini Rute KRL Alternatif untuk Menghindari Kepadatan di Stasiun Manggarai

Kompas.com - 30/05/2022, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau seluruh pengguna KRL Jabodetabek untuk menggunakan rute alternatif guna menghindari kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai.

Pasalnya, para pengguna KRL masih akan beradaptasi terhadap perubahan pola operasi KRL yang baru hingga beberapa hari ke depan.

Vice President Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan, penumpang KRL dari Stasiun Tanah Abang atau Duri tujuan Jakarta Kota, dapat memanfaatkan KRL tujuan Jatinegara, Bekasi, dan Cikarang dengan transit di Stasiun Kampung Bandan untuk selanjutnya menuju Jakarta Kota.

Baca juga: Rute KRL Berubah, Transjakarta Tambah Bus Manggarai-Blok M

Sementara itu, bagi penumpang KRL dari Tanah Abang atau Duri tujuan Bekasi/Cikarang dapat langsung naik KRL tujuan Bekasi/Cikarang tanpa harus transit di Stasiun Manggarai.

Sedangkan penumpang KRL dari Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang dapat memanfaatkan KRL Lin Tanjung Priok untuk transit di Kampung Bandan, dan melanjutkan perjalanan menuju Bekasi/Cikarang sehingga tidak perlu transit di Manggarai.

KCI mengakui masih terdapat keterlambatan perjalanan KRL sekitar 3 menit untuk KRL Lin Bogor dan 3-4,5 menit untuk KRL Lin Cikarang. Akibat kerap berhenti di luar stasiun, waktu tempuh KRL ke stasiun-stasiun tujuan lebih lama.

Meskipun begitu, keterlambatan KRL itu lebih cepat dibandingkan dari hari sebelumnya yang mencapai 7-10 menit untuk KRL Lin Bogor dan 12-15 menit untuk KRL Lin Cikarang. Hal itu didukung dengan dicabutnya pembatasan kecepatan yang masuk atau keluar jalur 1 dan 2 serta jalur 6 dan 7.

"KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanannya dalam menggunakan fasilitas di stasiun maupun di KRL," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Baca juga: 3 Cara Cek Rute dan Jadwal Baru KRL Jabodetabek

Dengan adanya perubahan pola operasi KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Kendati demikian, KCI tetap mengoperasikan 94 kereta ditambah dengan kereta feeder di jam-jam sibuk dan melayani total perjalanan KRL sebanyak 1.054 perjalanan seperti biasanya.

Baca juga: Jadwal KRL Feeder di Stasiun Manggarai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+