Sektor UMKM Lanjutkan Pemulihan, Kredit BRI Tumbuh 9,75 Persen per April 2022

Kompas.com - 30/05/2022, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran kredit perbankan terus mengalami pertumbuhan pesat, seiring denga mulai pulihnya berbagai aktivitas perekonomian nasional.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukan, kredit perbankan mengalami pertumbuhan sebesar 9,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada April 2022, lebih tinggi dibanding pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,67 persen.

Pertumbuhan pesat penyaluran kredit juga dirasakan oleh salah satu bank terbesar Tanah Air, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Baca juga: Kinerja Moncer, BRI Perlu Lanjutkan Transformasi Digital dan Fokus UMKM

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, sampai dengan April 2022, realisasi penyaluran kredit secara bank only tumbuh 9,75 persen secara yoy.

"Di atas rata-rata pertumbuhan kredit industri perbankan nasional," kata dia, kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Realisasi pertumbuhan itu utamanya ditopang oleh segmen kredit utama bank dengan kode emiten BBRI itu, yakni segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Aestika menyebutkan, kredit kepada segmen UMKM terus tumbuh, di mana segmen mikro tercatat mengalami pertumbuhan paling tinggi, yakni 15,61 persen secara yoy dan segmen kecil tumbuh 8,27 persen secara yoy.

Baca juga: E-Toll Bakal Digantikan MLFF, BRI: Mempengaruhi Kinerja Brizzi

"Saat ini porsi kredit UMKM BRI berada di kisaran 84 persen dan proporsi kredit UMKM BRI akan terus didorong naik hingga mencapai 85 persen," ujarnya.

Dengan melihat realisasi tersebut, BRI optimis kinerja kredit pada kuartal II tahun ini akan lebih baik dari kuartal sebelumnya yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,4 persen.

"Mengingat di kuartal II terdapat momentum Ramadhan dan Lebaran, serta kian melandainya pandemi yang membuat normalisasi kegiatan ekonomi sosial dan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: BRI Targetkan Penyaluran Kredit BRIguna Digital Capai Rp 1 Triliun pada 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.