GOTO Catat Rugi di Kuartal I 2022, Harga Sahamnya Ambles di Awal Perdagangan Bursa

Kompas.com - 31/05/2022, 10:39 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) baru saja merilis kinerja keuangan kuartal I tahun 2022, yang masih mencatatkan rugi. Rugi bersih GOTO meningkat dari Rp 1,96 triliun pada periode sama tahun lalu, menjadi Rp 6,6 triliun kuartal I 2022.

Pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (31/5/2022), saham GOTO bergerak di zona merah, atau ambles 3,8 persen ke level Rp 302 per saham. Padahal pagi ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cukup cerah.

Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, penurunan harga saham GOTO akibat sentimen rilis kinerja yang masih mencatatkan rugi bersih, umum terjadi.

Baca juga: GOTO Masih Catatkan Rugi, Ini Penyebabnya

 

Menurut dia kondisi fundamental merupakan indikator bagi investor untuk melakukan pembelian saham.

“Jadi kalau menurut saya, saham GOTO pagi ini bisa melemah sebagai bentuk respons pasar aja sih itu karena merugi,” kata William kepada Kompas.com.

Sebagai informasi, jelang rilis kinerja GOTO, harga saham perusahaan decacorn ini mengalami pergerakan yang positif.

Utamanya di dalam dua pekan belakangan. GOTO bangkit dari keterpurukannya setelah masuk ke level terendah pasca IPO, di level Rp 194 per saham.

Baca juga: Sepanjang Kuartal I 2022, Pendapatan GOTO Tumbuh 53 Persen Jadi Rp 5,2 Triliun

Kinerja membaik

Meski mencatatkan rugi bersih hingga kuartal I tahun 2022, sepanjang tahun 2021 pendapatan bruto GOTO tumbuh 45 persen yoy mencapai Rp 17,1 triliun dari Rp 11,85 triliun, sementara pendapatan bersih naik 9 persen menjadi Rp 5,30 triliun dari Rp 4,82 triliun.

GTV perusahaan juga naik 40 persen menjadi Rp 461,60 triliun, dibandingkan dengan Rp 330,18 triliun di 2020.

Angka GTV ini setara dengan 2,72 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2021 sebesar Rp 16.970,8 triliun sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Soal Investasi BUMN di GoTo, Nusron Wahid: Harus Dilihat Jangka Panjang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.