KILAS

Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Tanam 500 Bibit Mangrove di Bangka Belitung

Kompas.com - 31/05/2022, 18:51 WIB

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin (EPN) melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) mengembangkan program “Pembenihan Mangrove” di Kawasan Belitung Mangrove Park, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (31/5/2022).

Dalam mendukung pelestarian hutan mangrove di kawasan tersebut, Elnusa Petrofin juga menggelar aksi penanaman 500 bibit mangrove bersama kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu.

Departemen Head of Corporate Communication and Board of Directors (BoD) Support Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo mengungkapkan, kegiatan itu merupakan wujud implementasi CSR Petrofin Peduli yang dilakukan perusahaan melalui Pilar Petrofin Resik untuk mendukung pelestarian lingkungan.

“Kegiatan penanaman mangrove dapat dijadikan momen strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim, pencegahan abrasi, dan pengembalian lahan kritis serta upaya dekarbonisasi,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Dekarbonisasi, Biro Klasifikasi Indonesia Gandeng Perusahaan Jasa Survei Internasional

Dalam jangka panjang, lanjut Putiarsa, kegiatan penanaman mangrove juga memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat yang banyak bergantung pada hasil laut.

Tak hanya itu, menurutnya, kegiatan CSR tersebut sekaligus bertujuan mewujudkan salah satu poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni poin 14 yang mendorong tata kelola laut dan pantai secara berkelanjutan.

Putiarsa menjelaskan, Elnusa Petrofin secara aktif telah berkontribusi melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di HKm Juru Seberang sebagai wilayah ring perusahaan sejak 2021.

“Kegiatan ini menjadi kelanjutan dari rangkaian yang telah kami lakukan tahun lalu, sehingga program yang diberikan dapat berkelanjutan hingga mencapai exit program,” ucapnya.

Baca juga: Dinobatkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO, seperti Ini Keindahan Pulau Belitung

HKm Juru Seberang sendiri merupakan kawasan di pesisir barat Pulau Belitung yang berhadapan langsung dengan Selat Gaspar.

Kawasan dengan luas 757 hektar (ha) itu dikembangkan untuk mengembalikan ekosistem mangrove yang telah rusak akibat aktivitas tambang untuk kemudian dimanfaatkan sebagai tempat wisata Belitung Mangrove Park.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.