Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Layani Pencairan Surat Perintah Pencairan Dana Lewat Kopra

Kompas.com - 31/05/2022, 20:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan digitalisasi transaksi pencairan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, dalam kerja sama tersebut, perseroan akan melayani pencairan SP2D melalui kanal Kopra Host to Host yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Next-G berbasis web milik BPKP atau lebih dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS).

Layanan tersebut akan dilengkapi dengan fitur validasi rekening penerima dana, pembuatan ID Billing & pembayaran Pajak melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) secara real time.

Baca juga: Ditopang Segmen Industri, Kredit Bank Mandiri Melesat 12,2 Persen

Bank dengan kode emiten BMRI itu juga menyiapkan layanan reporting atas keberhasilan transaksi SP2D secara harian, sehingga pemanfaatan anggaran Pemda dapat termonitor.

"Sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk menjadi mitra keuangan utama pilihan nasabah dan masyarakat dengan layanan keuangan digital yang handal," kata Darmawan, dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

"Kami terus menggali inisiatif kerjasama dengan berbagai stakeholder utama agar Bank Mandiri dapat semakin hadir di tengah masyarakat Indonesia,” tambah dia.

Baca juga: Permintaan Mulai Pulih, Penyaluran Kredit UMKM Bank Mandiri Tumbuh 16,2 Persen

Lebih lanjut, Ia bilang, perseroan juga akan terus mengembangkan lini produk dan layanan perbankan digital, baik segmen wholesale dengan layanan Kopra maupun segmen retail melalui layanan Livin.

"Melalui layanan Kopra by Mandiri, akan memberikan akses yang luas kepada nasabah wholesale, termasuk instansi Pemerintah, untuk mendapatkan layanan keuangan terbaik dari Bank Mandiri antara lain Mandiri Cash Management, Mandiri Global Trade, Mandiri Smart Account, Supply Chain Management, e-FX dan Online Custody," ucap Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com