Kompas.com - 02/06/2022, 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pada Mei 2022 terjadi inflasi sebesar 0,4 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

Kepala BPS Margo Yuwono menjelaskan, angka inflasi itu merupakan hasil dari indeks harga konsumen (IHK) yang meningkat menjadi 110,42 pada Mei, dari 109,98 pada April 2022.

"Berdasarkan hasil pematauan BPS di 90 kota pada bulan Mei ini terjadi inflasi sebesar 0,40 persen," ujar dia, dalam konferensi pers, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Gubernur BI Buka Kemungkinan Inflasi Lebihi 4 Persen hingga Akhir 2022

Lebih lanjut Ia bilang, sejumlah komoditas penyumbang inflasi utama pada Mei kemarin ialah, tarif angkutan udara, telur ayam ras, ikan segar, dan bawang.

Adapun jika dilihat secara tahunan (year on year/yoy), pada Mei kemarin terjadi inflasi sebesar 3,55 persen, tertinggi sejak Desember 2017 dengan tingkat inflasi pada saat itu sebesar 3,61 persen.

Dengan realisasi tersebut, sejak awal tahun ini hingga Mei kemarin telah terjadi inflasi sebesar 3,55 persen (year to date/ytd).

Jika dilihat berdasarkan wilayahnya, Tanjung Pandan menjadi wilayah yang mengalami inflasi tertinggi pada Mei kemarin, yakni sebesar 2,24 persen secara mtm.

Kemudian, Tangerang dan Gunungsitoli sama-sama menjadi wilayah dengan tingkat inflasi terendah, yakni sebesar 0,05 persen secara mtm.

Dari 90 kota yang diamati oleh BPS, 3 di antaranya mencatatkan penurunan harga atau deflasi, di mana Kotamobagu menjadi wilayah yang mencatatkan deflasi tertinggi, yakni sebesar 0,21 persen.

Sementara itu, Merauke menjadi wilayah dengan deflasi terendah, yaitu sebesar 0,02 persen secara mtm.

Baca juga: Kekhawatiran Inflasi Bikin Harga Emas Dunia Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.