Kunjungan Wisman ke RI Capai 111.057 pada April 2022, Tertinggi sejak Pandemi

Kompas.com - 02/06/2022, 14:25 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui pintu masuk utama berlanjut pada April 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah kunjungan wisman melalui pintu masuk utama mencapai 111.057 kunjungan pada April 2022.

"Ini kalau saya tarik ke belakang tertinggi sejak awal pandemi," ujar Kepala BPS, Margo Yuwono, dalam konferensi pers, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Neraca Dagang RI Surplus Selama 24 Bulan, Kontribusi Ekspor Kawasan Berikat dan KITE Capai 40 Persen

Angka kunjungan tersebut melonjak 499,01 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy) yakni hanya 18.540 kunjungan.

Sementara itu, jika dibandingkan bulan sebelumnya (month to month/mtm) dengan 40.790 kunjungan, jumlah kunjungan Wisman pada April 2022 meningkat 172,27 persen.

Menurut Margo, pertumbuhan pesat tersebut mengindikasikan sektor pariwisata sudah mulai pulih seiring dengan membaiknya penanganan pandemi secara nasional maupun global.

"Dan juga ada kebijakan pemerintah terkait penerapan pemberian bebas visa kunjungan khususnya ke 43 negara, ini dampaknya signifikan terhadap peningkatan wisman pada April 2022," tutur dia.

Baca juga: Biang Kerok Inflasi Mei 2022, BPS: Harga Tiket Pesawat hingga Bawang Merah

Jika dilihat secara kumulatif dari Januari hingga April 2022, jumlah kunjungan Wisman telah mencapai 185.440 kunjungan, meningkat 350,08 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Mudah-mudahan geliat Wisman ini terus menggeliat, karena kita ketahui bahwa pariwisata ini memberikan multiplier effect yang besar bagi ekonomi Indonesia," ucap Margo.

Meskipun mengalami peningkatan signifikan secara tahunan, jumlah kunjungan Wisman masih jauh berada di bawah level sebelum pandemi Covid-19 merebak.

Pada periode Januari-April 2020, tercatat jumlah kunjungan wisman mencapai 2,12 juta kunjungan.

Baca juga: Di Balik Gelombang PHK Startup, Para Investor Makin Selektif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.