Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Program Bank BJB untuk Dukung Pertumbuhan UMKM di Indonesia

Kompas.com - 02/06/2022, 15:21 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) memiliki berbagai produk pembiayaan dan juga program pemberdayaan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air. 

Upaya Bank BJB mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia tersebut, berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah maupun Pusat.

Sebagaimana diketahui, UMKM adalah jenis usaha yang punya kontribusi cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain berperan dalam memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja, UMKM berperan penting dalam pembentukan Produk Domestik Bruto PDB).

UMKM sebagai pilar terpenting dalam perekonomian di Indonesia dinilai perlu bersinergi dengan dunia perbankan agar bermanfaat dalam pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Triwulan I 2022 Bank BJB Raup Laba Rp 738 Miliar

1. BJB Mesra

"Untuk pembiayaan ultra mikro, kami memiliki produk BJB Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) yang disalurkan secara berkelompok dikoordinasikan melalui rumah ibadah setempat, dengan bunga 0 persen dan tanpa agunan," kata Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi melalui keterangan tertulis, Kamis (2/6/2022).

Produk BJB Mesra ini pertama kali diluncurkan di wilayah Jawa Barat, dan dikembangkan untuk dapat disalurkan ke wilayah lainnya di Indonesia. 

2. Petani Milenial

Selanjutnya, Bank BJB juga mendukung program Petani Milenial untuk mengatasi persoalan di sektor pertanian melalui permodalan dan pemberdayaan dengan menggandeng milenial dan berbagai pemangku kepentingan.

Harapannya, melalui program ini dapat mewujudkan milenial yang tinggal di desa, memiliki peluang penghasilan seperti di perkotaan serta punya bisnis mendunia.

Lebih jauh Yuddy menegaskan, pihaknya juga menyalurkan KUR serta berbagai produk pembiayaan UMKM lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan permodalannya.

Baca juga: Catat Kinerja Positif, Bank BJB Dinilai Mampu Kelola Bisnis secara Agresif dan Terukur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com