Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada BUMN di Daftar Sponsor Formula E, Ahmad Sahroni Sindir PLN?

Kompas.com - 03/06/2022, 09:37 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyinggung perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang tidak terlibat menjadi sponsor dalam ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta yang akan digelar pada 4 Juni 2022.

Bahkan, anggota DPR sekligus politisi Partai Nasdem ini juga secara langsung menyebut PLN, perusahaan negara yang lini bisnisnya sangat terkait dengan kendaraan listrik.

Formula E sendiri merupakan ajang balapan mobil listrik bertaraf internasional. Perlombaan balap ini digagas pertama kali oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"BUMN tidak berikan sponsor apapun, PLN untuk kelistrikan juga kami bayar FULL," tulis Ahmad Sahroni seperti dilihat di akun Instagram resminya, pada Jumat (3/6/2022).

Baca juga: BUMN Tak Sponsori Formula E, Apa Kata Erick Thohir?

Sahroni bilang, dirinya sebagai panitia Formula E Jakarta, memang tidak mengemis kepada perusahaan-perusahaan BUMN agar menjadi sponsor Formula E.

Namun, lanjutnya dia, perhelatan olahraga sebesar Formula E seharusnya bisa mendapatkan dukungan besar dari semua pihak di Tanah Air.

"Maap nih BUMN tuh kan bagian dr Republik Indonesia kan yah? Kami ga ngotot minta, tp ngotot untuk jd bagian INDONESIA," tulisnya lagi. 

Absennya sponsor perusahaan negara di perhelatan Formula E Jakarta ini seolah kontras dengan ajang balapan MotoGP di Mandalika Lombok beberapa waktu lalu, di mana sejumlah BUMN ramai-ramai ikut menjadi sponsor resminya.

Baca juga: Intip Gaji Polisi Berpangkat AKBP Setingkat Kapolres

Daftar lengkap sponsor Formula E

Sebagai informasi, sebanyak 31 perusahaan resmi menjadi sponsor Formula E Jakarta yang akan diselenggarakan di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Jakarta E-Prix 2022 akan didukung oleh 31 perusahaan swasta dalam negeri dan beberapa sponsor global lainnya," kata Vice Managing Director Jakarta E-Prix, Gunung Kartiko, melalui keterangan resminya.

"Adapun para sponsor kami terdiri dari berbagai industri, seperti bank, kecantikan, perusahaan teknologi, hingga perhotelan," imbuhnya.

Selain puluhan sponsor tersebut, gelaran Jakarta Ei-Prix tersebut juga didukung oleh sejumlah sponsor global yang dibawa oleh pihak Formula E Operations (FEO).

Baca juga: Kata Erick Thohir, Garuda Sewa Pesawat dengan Harga Kemahalan

Daftar nama sponsor global bisa dilihat di situs resmi fiaformulae.com.

"Sponsor yang ada itu selain dari perusahaan swasta dalam negeri, yang memang khusus mendukung perhelatan balap mobil listrik di Indonesia, juga sponsor global yang sudah ditetapkan dari pihak FEO," ujar Gunung.

Untuk bidang telekomunikasi, Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericson akan menjadi sponsor yang mendukung jaringan 5G resmi di Jakarta E-Prix.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com