Berawal dari Hobi Mendekor Rumah, Sismi Kini Punya 4 Karyawan

Kompas.com - 05/06/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dekorasi rumah terus berkembang, tidak hanya menjadi kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman karena pandemi namun kreativitas dalam mendekorasi rumah juga dijadikan sebagai hobi oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang.

Begitu pula awal cerita dari Sismi Rahayu, pemilik dari homedecoryogya.

Berawal dari mengisi waktu dengan kegiatan merapikan rumah dengan mendekorasi isi rumah hingga mencoba membuat hiasan dinding, terbesit dalam pikiran Sismi dan suami untuk menjual produk-produk tersebut.

Baca juga: Cerita Bisnis Parfum Ulat Bulu, dari Modal Rp 1 Juta, Kini Raup Omzet Rp 6 Juta Per Bulan

Berangkat dari kegemarannya akhirnya Sismi Rahayu memutuskan untuk mendirikan homedecoryogya bersama sang suami pada tahun 2020.

Sismi menceritakan, dirnya  merupakan ibu rumah tangga.  Ia memanfaatkan waktu luang untuk memikirkan peluang yang dapat diciptakan melalui kreativitasnya dalam mendekorasi rumah.

Mengetahui bahwa perilaku belanja masyarakat yang mulai bergerak ke ranah digital untuk memenuhi kebutuhan, Sismi juga mempelajari bagaimana mengawali bisnis dan strategi mengembangkan bisnis dengan belajar cara berjualan di Shopee.

Setelah merasa paham dengan pola kerja Shopee, Sismi kemudian mengajak perajin lokal untuk menciptakan barang yang diinginkan.

Kreativitasnya dalam menciptakan ragam produk berangkat dari situasi di tengah pandemi dimana banyak dihabiskan di rumah. Sehingga Sismi berusaha menciptakan produk yang dapat menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman rapi dan terlihat estetik dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda.

“Dimulai dari dua orang, saat ini homedecoryogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh pengrajin lokal. Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui homedecoryogya dan memberikan kesempatan bagi karya para pengrajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia,” ujar Sismi dalam bincang-bincang Shopee yang diselenggarakan secara virtual belum lama ini.

Memang diakui Sismi, proses mendirikan serta mengembangkan bisnis di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, semangat Sismi tidak pernah padam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.