Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2022, 19:09 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria menegaskan, tiket masuk Candi Borobudur tidak naik. Harganya tetap Rp 50.000/orang satu kali kunjungan.

Sementara, harga tiket yang rencananya dibanderol Rp 750.000 adalah harga tiket naik ke Candi Borobudur.

"Banyak orang keliru menanggapi itu. Jadi sebetulnya tiket masuknya saat ini Rp 50.000, tetapi memang enggak bisa naik (ke bagian atas candi), hanya sampai pelataran," kata Dony kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Baca juga: Naik Borobudur Bayar Rp 750 Ribu Dikritik, Pengelola: Kalau Cuma Foto-foto, di Bawah Saja

Dony menuturkan, harga tiket naik ke atas candi yang dibanderol dengan nilai selangit itu bertujuan untuk konservasi kawasan candi. Mahalnya harga tiket juga diikuti oleh pembatasan jumlah turis, yakni hanya untuk 1.200 orang per hari.

Dia bilang, pembatasan jumlah pengunjung yang naik bertujuan agar kondisi candi tidak menurun dan tetap terjaga kelestariannya.

"Dikhawatirkan banyak orang naik, candinya menurun. Jadi sejak konservasi candinya tidak layak untuk naik beribu-ribu orang ke atas, itu dikhawatirkan (menurun)," ucap dia.

Lebih lanjut Dony menuturkan, tiket Rp 750.000 tak berlaku untuk semua. Untuk wisatawan mancanegara, harganya dibanderol 100 dollar AS atau Rp 1,45 juta, sementara anak sekolah hanya Rp 5.000/orang untuk mendukung pembelajaran.

Lalu, harga tiket naik untuk wisatawan lokal yang mencapai Rp 750.000 pun masih dipertimbangkan oleh pengelola bersama Dirjen Kebudayaan Kemendikbud.

"Usulannya memang dengan pengkajian. Diusulkan jika boleh naik (ke bagian atas candi), dibatasi 1.200 (orang) per hari. Karena kalau sekarang belum boleh (naik). Biaya masuknya ya enggak (naik), (harganya) sama seperti sekarang," jelas Dony.

Mengutip situs borobudurpark.com, tiket masuk untuk wisatawan nusantara/lokal di atas 10 tahun sebesar Rp 50.000. Sementara untuk pengunjung dengan usia 3-10 tahun dibanderol setengah harga, yakni Rp 25.000.

Lalu, harga tiket wisatawan lokal khusus rombongan pelajar atau mahasiswa minimal 20 orang sebesar Rp 25.000 sudah termasuk premi asuransi Rp 500 orang.

Sedangkan untuk tiket wisatawan mancanegara dibanderol sebesar 25 dollar AS atau setara Rp 350.000/orang. Untuk anak-anak, tiketnya seharga 15 dollar AS atau setara Rp 210.000/orang.

Baca juga: Bukan Tiket Masuk Candi Borobudur, Ini Harga yang Naik Jadi Rp 750.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com