Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mangkokku Kantongi Rp 101 Miliar dari Pendanaan Seri A Alpha JWC Ventures & EMTEK

Kompas.com - 06/06/2022, 12:26 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan rintisan (startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku, hari ini mengumumkan pendanaan Seri A sebesar 7 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 101 miliar. Dana tersebut berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures.

Mangkoku merupakan startup kuliner yang didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. Pada 2020 lalu, Mangkokku mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures, yang diikuti dengan penjualan yang tumbuh 6 kali lipat.

Melalui pendanaan tersebut, rencananya Mangkokku akan melebarkan sayapnya lebih jauh lagi. Pertama, Mangkokku mulai menyambut kembali pelanggan ke restoran dine-in. Sebagai informasi, Mangkoku juga baru saja meluncurkan gerai flagship di Mall Sarinah.

“Dalam beberapa bulan ke depan, Mangkokku akan membuka lebih banyak restoran dine-in sambil terus menambah gerai cloud kitchen-nya ke kota-kota baru. Mangkoku juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, dengan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini,” kata CoFounder dan CEO Mangkokku, Randy Kartadinata dalam siaran pers, Senin (6/6/2022).

Baca juga: Jerman Buka Rekrutmen 300 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Randy mengatakan, aplikasi itu nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk membuka outlet ke-100 pada tahun ini serta 100 gerai lagi di 2023.

“Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner yang terbaik. Kami akan memperluas kehadiran online dan offline Mangkokku, membuka restoran flagship di lokasi-lokasi strategis, meluncurkan aplikasi. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia,” kata Randy.

Saat ini, Mangkokku mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Dengan puluhan menu permanen dan musiman, Mangkokku menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui pemesanan online dan offline.

Randy menambahkan, Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Untuk itu, Mangkokku meluncurkan holding company yaitu Nusantara Culinary Group.

Baca juga: Cara ke Bali Naik Kereta dari Jakarta, Ongkos Kurang dari Rp 200.000

“Ricebowl adalah titik awal kami dan sekarang kami siap untuk mengambil langkah selanjutnya. Di bawah naungan holding company Nusantara Culinary Group, kami akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat dari dapur kami,” jelasnya.

Melalui Nusantara Culinary Group, usaha Mangkoku akan merambah ke produksi minuman dan sambal kemasan, yang rencananya akan diluncurkan tahun ini. Perusahaan juga berkomitmen untuk terus berinovasi dengan meluncurkan produknya secara teratur.

“Hidangan Indonesia yang kontemporer dan unik dengan kualitas terbaik secara konsisten di setiap hidangannya. Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya,” kata Jefrey Joe, Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures.

Baca juga: Tingkatkan Pengawasan, OJK Gandeng Otoritas Australia dan Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com