Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Ratu Maxima, Pemerintah Indonesia Fokus Bahas Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 06/06/2022, 19:39 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan diskusi dengan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda dalam rangkaian kegiatan Forum Ekonomi Dunia 2022.

Adapun hal yang didiskusikan antara lain adalah upaya Pemerintah Indonesia dalam keuangan inklusif dan dukungan terhadap kemajuan UMKM.

“Ratu Maxima memberikan perhatian agar pemerintah Indonesia dapat menjaga dampak inflasi dan pengaruhnya terhadap UMKM, khususnya untuk industri pangan,” ujar Menperin dalam siaran resminya, Senin (6/6/2022).

Baca juga: Road to G20, Menperin Bicara Soal Eco Industrial Parks untuk Industrialisasi yang Inklusif dan Berkelanjutan

Menperin menuturkan, pemerintah Indonesia menyampaikan upaya pengembangan UMKM yang dijalankan melalui inklusi keuangan dan digitalisasi, yang merupakan faktor penting untuk mendorong produktivitas UMKM.

Dengan pertumbuhan UMKM di Indonesia yang mencapai porsi usaha hingga 99 persen dari total usaha, UMKM dinilai masih belum memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang merupakan bagian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kementerian Perindustrian turut berupaya agar para pelaku IKM dapat meningkatkan penjualannya melalui pemasaran digital atau online.

Sejumlah strategi dilakukan di antaranya melalui link & match atau kemitraan dengan industri skala besar dan BUMN, membangun ekosistem digital dengan masuk ke dalam platform marketplace, dan melalui pengadaan barang pemerintah dan BUMN.

Baca juga: Optimalkan Belanja Pemerintah, Menperin: Beli Produk Industri Lokal Sebanyaknya

“Kemenperin telah menyelenggarakan berbagai program pembinaan dan pendampingan kepada pelaku IKM agar mereka bisa menjadi bagian dari rantai pasok industri di dalam negeri maupun global,” jelas Menperin.

Pemanfaatan teknologi serta pemasaran produk UMKM secara digital dapat mempermudah transaksi dengan adanya platform pembayaran digital. Karena itu, produktivitas UMKM perlu didorong ke arah digital untuk membantu pertumbuhan ekonomi melihat besarnya porsi usaha dari UMKM.

Menperin Agus juga menilai, inklusi keuangan juga diperlukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Inklusi keuangan dapat dipercepat dengan dukungan digitalisasi, salah satunya dengan pemanfaatan biometric ID, sebagaimana diusulkan Ratu Maxima.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah Indonesia percaya ada pencapaian dan pembelajaran dari perjalanan Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan, serta mempercepat proses konektivitas dan operabilitas dari sistem pembayaran.

Ratu Maxima juga menyampaikan dukungannya bagi Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022. Ratu berharap, akan lahir hasil dari upaya digitalisasi UMKM yang bisa dibawa pada tingkat Leaders sebagai hasil nyata pencapaian Presidensi G20.

Baca juga: Menperin: Peningkatan PMI Manufaktur Dapat Mendukung Kinerja Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com