Pengelola Tambang Emas Martabe Bagikan 1.200 Bibit Pohon di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kompas.com - 07/06/2022, 18:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe melakukan kegiatan penanaman 200 bibit pohon bersama pemerintah lokal, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar yang dipusatkan di SMKN 2 Pertambangan Batangtoru.

Kegiatan penanaman pohon juga diiringi penyerahan 1.200 bibit pohon ke masyarakat sekitar tambang Batangtoru dan Muara Batangtoru.

General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis mengatakan, pelestarian alam merupakan serangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh berbagai fenomena agar tetap mampu mendukung kehidupan makhluk hidup.

Ia menekankan, hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak untuk menjaganya.

"PTAR berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan dan keanekaragaman hayati sesuai kaidah pertambangan yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia. Kami juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di bidang pendidikan, sains, penelitian, dan konservasi keanekaragaman hayati," kata dia dalam siaran pers, Selasa (7/7/2022).

Ia menambahkan, dalam kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut sejumlah kegiatan telah digelar. Rahmat menceritakan telah dilakukan survei komposisi dan keanekaragaman flora dan fauna di lokasi rencana pengembangan Tambang Emas Martabe. Selain itu, digelar pula pelatihan Pre-Land Clearing Fauna Inspection bersama tenaga ahli kehutanan dari Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU).

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Biaya Pernikahan Mahal

Selain itu, ia memerinci deretan universitas yang diajak kerja sama antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Nasional (Unas), Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), dan Universitas Aufa Royhan (UNAR) di Padangsidimpuan.

Sementara, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu memberikan apresiasi atas gerakan-gerakan di masyarakat yang bertujuan membentuk lingkungan lestari di Tapanuli Selatan

Kegiatan tersebut antara lain gerakan masyarakat di Kecamatan Angkola Timur dan Kecamatan Angkola Selatan yang rutin mengumpulkan sampah.

"Kami mengapresiasi komitmen PTAR sebagai perusahaan tambang yang menunjukkan komitmennya untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan," ujar dia.

Di momen Hari Lingkungan Hidup tahun ini, PTAR menggelar serangkaian kegiatan untuk mewujudkan budaya menjaga kelestarian lingkungan dalam hidup sehari-hari.

Sebagai informasi, selain penanaman pohon bersama di SMK Negeri 2 (Pertambangan) Batangtoru, kegiatan lain yang dihelat PTAR yakni Lomba Mewarnai dan Menggambar kelompok usia 3-5 tahun dan 6-10 tahun, Lomba Penulisan Esai Lingkungan tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tapanuli Selatan, serta PTAR Goes to School untuk edukasi pengelolaan lingkungan bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di Batangtoru.

Tidak hanya untuk masyarakat sekitar, PTAR menggelar sejumlah kegiatan bagi karyawan PTAR dan mitra kerja, yakni Lomba Cerdas Cermat Lingkungan, Lomba Video Kreatif Lingkungan Hidup, Biodiversity Fun Run, Lomba Inovasi Lingkungan Hidup.

Baca juga: Penyebab Kerugian HK Metals Utama Bengkak di Kuartal I-2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.