Kemendag Minta Tambahan Anggaran Rp 459 Miliar pada 2023

Kompas.com - 07/06/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 459,66 miliar pada 2023.

Adapun pagu indikatif Kemendag tahun 2023 sebesar Rp 2,14 triliun. Anggaran tersebut turun 10,5 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,38 triliun.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pihaknya telah mengajukan anggaran tambahan ini ke Kementerian Keuangan pada 3 Juni 2022.

"Apabila keuangan negara memungkinkan dan memperhatikan kesimpulan rapat konsinyering Sekretariat Jenderal dengan Komisi VI DPR RI pada 2 Juni 2022, Kemendag mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 459.661.160.000 kepada Kementerian Keuangan," ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

"Memperhatikan keterbatasan pagu indikatif Kemendag tahun 2023, tentu kami akan berupaya untuk mengalokasikan secara optimal pada program dan kegiatan untuk mewujudkan target kinerja yang ditetapkan dalam rencana kerja pemerintah 2023," sambungnya.

Baca juga: Penyebab Kerugian HK Metals Utama Bengkak di Kuartal I-2022

Dia menjelaskan, anggaran tambahan ini untuk melaksanakan rencana kegiatan sebagai berikut:

1. Pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat dan bantuan sarana perdagangan sebesar Rp 200 miliar.

2. Penyelenggaraan ITPC baru di Karachi, pemindahan kantor perwakilan perdagangan di luar negeri, dan kegiatan promosi di luar negeri pascapandemi di beberapa lokasi sebesar Rp 80 miliar.

3. Penyelenggaraan akademi metrologi sebesar Rp 97,7 miliar

4. Peningkatan pengawasan internal dan akuntabilitas aparatur Kemendag sebesar Rp 10 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.