Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diisukan Pensiun, KAI Tegaskan Stasiun Gambir Masih Melayani Kereta Api Jarak Jauh

Kompas.com - 08/06/2022, 14:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menegaskan hingga saat ini Stasiun Gambir masih melayani pelanggan Kereta Api Jarak Jauh.

Pernyataan ini merespons isu yang beredar liar di media sosial bahwa Stasiun Gambir akhirnya pensiun melayani penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, Stasiun Gambir masih dioperasikan sebagai salah satu akses masuk dan keluar Ibu Kota selain Stasiun Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta Kota.

Baca juga: Stasiun Gambir Bakal Difungsikan Khusus untuk KRL

"Terkait adanya rencana pengalihfungsian Stasiun Gambir, tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. KAI masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk hal tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (8/6/2022).

Dia menegaskan, jika nantinya ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, PT KAI pasti melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu.

Oleh karenanya, masyarakat yang sudah membeli tiket dan akan naik kereta api jarak jauh tidak perlu khawatir, karena isu bahwa Stasiun Gambir telah pensiun tidak benar.

Saat ini Stasiun Gambir terus melayani pelanggan KA Jarak Jauh dengan rata-rata 7.928 pelanggan per hari di bulan Juni 2022.

"KAI akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat melalui transportasi kereta api yang aman dan nyaman," ucapnya.

Baca juga: Aset KAI di Stasiun Gambir dan Juanda Dipakai untuk Pengembangan Masjid Istiqlal

Sebagai informasi, pengalihfungsian Stasiun Gambir dari melayani kereta api jarak jauh menjadi untuk KRL baru akan direalisasikan pada 2025.

Tagar Gambir sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada pagi tadi. Melalui tagar tersebut, warganet menyayangkan Stasiun Gambir yang akan pensiun.

Bahakan, salah seorang warganet kebingungan dengan isu ini karena sudah terlanjur memesan tiket kereta Argo Bromo Anggrek untuk keberangkatan 24 Juni dari Stasiun Gambir.

"Halo @KAI121 mau tanya, saya book kereta dari Jakarta (Gambir) tanggal 24 juni, tapi sekarang kan Gambir sudah tidak melayani kereta jarak jauh ya pindah ke Manggarai. Nanti saya naiknya tetap dari gambir atau Manggarai ya saat keberangkatan?" tulis pemilik akun Twitter @alifmalif pada Rabu (8/6/2022).

Beberapa warganet lain justru bernostalgia dengan kenangan-kenangan yang pernah dilalui di Stasiun Gambir, salah satunya komedian Pandji Pragiwaksono.

"Kabar soal Gambir ga akan jadi stasiun antar kota lagi (hanya melayani KRL) cukup membuat gue bernostalgia. Banyak sekali kenangannya. Termasuk ketika kereta berhenti & langsung melihat Monas. “Sampai Jakarta”," tulisnya di akun Twitter @pandji.

Baca juga: Soal Perubahan Rute KRL, Simak Saran KAI untuk Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com