Bahlil Sebut Foxconn Susul LG Bangun Pabrik di KIT Batang, Tesla Bagaimana?

Kompas.com - 08/06/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa pengembangan baterai listrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah memasuki tahap kedua.

Menurut dia, LG Energy Solutions akan membangun pabrik di kawasan tersebut di atas lahan seluas 275 hektar dari total luasan lahan 1.000 hektar. Tak menutup kemungkinan Foxconn dan perusahaan mobil listrik terbesar asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc juga akan menyusul.

"Kemudian Foxconn juga masuk di tahap kedua Pak Presiden, dan yang ketiga Insya Allah kalau memang dari Amerika ini positif masuk tempatnya, juga Insya Allah di sini (KIT Batang)," ucapnya dalam Seremoni Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi di KIT Batang, ditayangkan secara virtual, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Luhut: Investasi Starlink Sudah Tahap Final, Tesla Masih Negosiasi

Dengan demikian, pada 2024 nanti, seluruh lahan di sana akan terisi oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai negara.

"Kami yakin bahwa 2023 akhir menjelang 2024 target kami minimal 50 persen dari 4.300 hektar di Batang ini juga akan terisi penuh," jelas Bahlil.

Di samping itu lanjut Bahlil, Kementerian BUMN juga mewakafkan tanahnya di kawasan tersebut untuk dimanfaatkan membangun SMK Unggulan NU. Sembari berkelakar, Bahlil bilang bahwa Menteri BUMN Erick Thohir yang juga hadir langsung dalam seremoni ingin mencari pahala. Tak hanya sekadar mengejar keuntungan.

"Kami di sini juga membangun SMK Unggulan NU bapak presiden, tanahnya 3 hektar di samping tol dan tanah ini diwakafkan oleh BUMN. Supaya pahala BUMN tambah banyak dan profitnya tambah tinggi. Jadi Menteri BUMN ini Pak (Presiden), selain cari untung juga untuk akhirat. Ya kita bagi-bagi untunglah kira-kira begitu," katanya disambut tawa para pejabat di KIT Batang.

Sebelumnya, Bahlil menyebutkan bahwa LG Energy Solutions telah menyuntikkan dananya ke RI untuk pembangunan pabrik mobil listrik senilai 9,8 miliar dollar AS atau setara Rp 142 triliun lebih pada hitungan kurs rupiah hari ini.

Pembangunan pabrik LG ini nantinya akan menyerap lebih dari 20.000 tenaga kerja. Kemudian, Tesla perusahaan otomotif milik Elon Musk juga diperkirakan tahun ini bakal berinvestasi dan memilih KIT Batang sebagai wadah untuk pembangunan mobil listrik.

Baca juga: Dengan Dana Rp 1,27 Miliar, Tesla Buka Kantor di Thailand

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.