Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Gelar Public Expose, ANJ Paparkan Target dan Strategi pada 2022

Kompas.com - 09/06/2022, 10:17 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) memaparkan beberapa target dan strategi perusahaan pada 2022 secara ringkas pada acara Public Expose (PubEx), Rabu (8/6/2022).

Target dan strategi yang dipaparkan itu, seperti penerapan strategi berkelanjutan, inovasi, dan transformasi digital yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja ANJ.

Pertama, ANJ menargetkan pertumbuhan volume produksi crude palm oil (CPO) rata-rata sebesar 8 persen per tahun selama lima tahun mendatang.

Produksi minyak sawit dari kebun inti ditargetkan akan meningkat sekitar 10 persen sampai 13 persen pada 2022.

Baca juga: Ironi Negeri Produsen Minyak Sawit Terbesar yang Sulit Dapat Minyak Goreng...

ANJ juga menetapkan target environment, social, governance (ESG) dengan strategi pencapaian diintegrasikan bersama strategi bisnis.

Salah satu bagian dari strategi ANJ untuk mencapai target ESG adalah menerapkan pupuk organik yang berasal dari kompos.

Kedua, ANJ menargetkan untuk mencapai net zero emissions pada 2030 dengan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 30 persen dibandingkan 2015.

Ketiga, ANJ juga menargetkan efisiensi penggunaan air dengan penurunan sebesar 5 persen per tahun.

Baca juga: Petani Kelapa Sawit Bisa Transaksi Tandan Buah Segar lewat Aplikasi

Efisiensi tersebut ditargetkan hingga mencapai penggunaan satu ton air untuk setiap ton tandan buah segar (TBS) yang diolah, ketertelusuran hingga 100 persen, membantu perolehan sertifikasi keberlanjutan untuk para pemasok, serta proteksi hutan dan area gambut.

Direktur Utama (Dirut) ANJ Lucas Kurniawan mengatakan, pada 2022 pihaknya akan melanjutkan program-program ESG untuk mendukung strategi pertumbuhan ANJ di masa depan.

“Kami juga mengembangkan inovasi untuk menghadapi tantangan perubahan iklim yang berdampak negatif pada produktivitas sektor perkebunan dan pertanian,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (6/6/2022).

Lucas meyakini bahwa strategi and inovasi yang diterapkan ANJ saat ini dapat memitigasi dampak dari risiko tersebut.

Baca juga: 5 Strategi Utama ANJ untuk Mitigasi Dampak Perubahan Iklim

Upaya ANJ dalam mengintegrasikan strategi bisnis dengan aspek ESG sendiri telah mengantarkan ANJ mendapatkan dua penghargaan.

Dua penghargaan tersebut didapat pada “Penghargaan Emisi Korporasi 2022” yang diselenggarakan Majalah Investor dan Bumi Global Karbon pada akhir April 2022.

Pada kelompok emiten non-perbankan, ANJ mendapat predikat “Green Elite” untuk penurunan emisi korporasi dan predikat “Platinum Plus” terkait transparansi perhitungan emisi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com