Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilah Luhut Tepis Cap "Menteri Segala Urusan": Saya Hanya Urus yang Diperintahkan Presiden...

Kompas.com - 09/06/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kepada jajaran Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengenai tugasnya yang terus bertambah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut bilang, tugas fungsi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 92 Tahun 2019.

Hal ini sekaligus menepis cap yang melekat pada dirinya sebagai menteri segala urusan.

Baca juga: Apa Benar Luhut Juga Punya Bisnis Kelapa Sawit?

Kilah Luhut: hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Presiden

"Saya ingin satu garis bawahi, jadi jangan dipikir saya ngurusin semua, tidak Pak. Saya ngurusin semua di bidang saya, dan yang diperintahkan Presiden. Saya ulangi, diperintahkan Presiden. Saya ini juga bukan muda lagi, 75 tahun," kata Luhut dalam rapat kerja dengan Banggar DPR RI, ditayangkan secara virtual, Kamis (9/6/2022).

"Jadi saya tahu diri. Kalau saya bisa kerjain, ya saya kerjain. Tapi kalau Anda lihat fungsi di sini, pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden. ini bukan saya yang membuat ini, tahun 2019," sambung Luhut.

Baca juga: Luhut Jawab Tudingan Jebakan Utang China di Proyek Kereta Cepat

Luhut selalu selesaikan semua tugas dari Presiden

Di dalam slide yang ditampilkan, tugas Luhut mulai dari program pelestarian terumbu karang, landas kontinen Indonesia, blue infrastruktur terintegrasi, pengawasan Jalan Trans Pulau 3T dan Jalan Tol Nasional, DAS Citarum, Percepatan program KBLBB, Geopark, P3DN atau Bangga Buatan Indonesia (BBI), 5 destinasi wisata prioritas, penanganan sampah laut, sampai ke minyak goreng.

"Penugasan dari Presiden kepada Menko Marves itu seperti slide ini macam-macam ya beliau suruh ya saya kerjain. Tapi saya pikir sampai hari ini tidak ada yang saya tidak deliver apa yang diberikan oleh Presiden. Karena kalau saya tidak bisa, saya akan bilang kepada Bapak Presiden. Mungkin Bapak Presiden memberikan kepada yang lain," ungkapnya.

Baca juga: Bisakah Luhut Atasi Permasalahan Minyak Goreng di RI dalam 2 Minggu?

Luhut jelaskan peranannya urus minyak goreng

Dalam kesempatan itu pula, mantan Menko Polhukam tersebut juga menjelaskan perkembangan minyak goreng, saat kunjungan kerjanya ke Semarang dan Jawa Barat baru-baru ini.

"Itu juga saya kira, saya lakukan sampai pada minyak goreng kemarin, yaitu dari ngurus Space X sampai tiba-tiba Presiden minta minyak goreng dan alhamdulillah kalau saya boleh lapor di sini, saya kemarin pergi ke Semarang juga lihat di Jawa Barat, lihat di Jakarta angkanya semua mulai turun, mulai sekarang bagus," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+