Wapres: Indonesia Eksportir Produk Halal Terbesar ke Negara OKI

Kompas.com - 09/06/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar ke negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Adapun negara-negara yang masuk dalam OKI, antara lain Malaysia, Arab Saudi, Iran, Pakistan, Turki, Somalia, Aljazair, Maroko, Sudan, dan lain-lain.

"Kita sudah memiliki banyak prestasi di tingkat global di antaranya industri halal Indonesia berhasil mencatatkan ekspor produk halal terbesar ke negara-negara OKI," kata Ma'ruf dalam penutupan Festival Syawal LPPOM MUI di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Ma'ruf menuturkan, prestasi tersebut harus dimanfaatkan dan dikembangkan. Menurutnya, prestasi itu merupakan modal dasar yang besar dalam pembangunan ekonomi dalam negeri.

Baca juga: Targetkan Jadi Produsen Halal di Dunia, Ini 4 Langkah Pemerintah

Adapun andalan pemerintah jatuh kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Pasalnya, dominasi UMK dalam struktur ekonomi diyakini dapat menopang pemulihan ekonomi nasional sekaligus membawa misi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2018, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Porsinya mencapai 99 persen lebih dari total pelaku usaha.

"Kita ingin ke depan semakin banyak produk-produk UMK halal yang menembus pasar ekspor," ucap Ma'ruf.

Untuk mengembangkan prestasi, kata Ma'ruf, UMK perlu mengimbangi dengan langkah aktif dan adaptif. Dengan kata lain, para pelaku UMK harus jeli melihat peluang pasar.

Salah satu peluang pasar yang menguat, yaitu peningkatan permintaan produk halal seperti makanan minuman, obat-obatan, dan kosmetika. Hal ini disebabkan kesadaran penduduk muslim untuk mengonsumsi produk halal dan thoyib telah bergeser menjadi gaya hidup.

Tidak hanya sekedar dari bagian ajaran agama islam, faktor inilah yang semakin mendorong naiknya kebutuhan akan konsumsi kebutuhan produk halal di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.