E-COMMERCE

Shopee Bawa UMKM Lokal Go International lewat Pameran di Le BHV Marais Paris

Kompas.com - 09/06/2022, 18:20 WIB

KOMPAS.com – Penampilan penyanyi Anggun C Sasmi di jalan Rue de Rivoli, Paris, Perancis, Kamis (8/6/2022) menarik perhatian masyarakat setempat. Tak berhenti di situ, penampilan gamelan, wayang, dan tarian arahan koreografer Eko Supriyanto menyusul pagelaran budaya Indonesia di Paris.

Pertunjukkan tersebut merupakan opening ceremony program “Java in Paris” yang diselenggarakan di Le BHV Marais, Paris, Perancis. Acara dimulai sejak Kamis (9/7/2022) sampai Minggu (17/7/2022).

Program itu diinisiasi oleh Shopee bekerja sama dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, dan Le BHV Marais Paris. Acara merupakan realisasi komitmen Pemkot Surakarta untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Solo naik kelas dan berdaya saing global.

Baca juga: Nyinden di Paris, Anggun dan 28 Penari Asal Solo Pukau Penonton di Pembukaan #ShopeeJAVAinParis

Dalam program tersebut, ratusan produk UMKM Indonesia dipamerkan di Le BHV Marais. Sebagai salah satu department store terbesar di Perancis yang merupakan bagian dari jaringan Galeries Lafayette, tidak mudah untuk produk-produk UMKM lolos kurasi tim Le BHV Marais.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Andorra, Monako dan UNESCO Mohammad Oemar menaympaikan bahwa produk yang lolos kurasi oleh tim Le BHV Marais merupakan produk yang sudah memenuhi kriteria pasar di Paris.

“Kurasi dilakukan langsung oleh pihak toko, restoran, dan desainer fesyen di Perancis sehingga sesuai dengan selera pasar di Perancis dan standardisasi Uni Eropa,” ujarnya.

Salah satu produk Indonesia yang berhasil lolos kurasi oleh tim Le BHV Marais adalah brand Shiroshima yang memproduksi pakaian batik. Dengan konsep baju batik daily wear, Shiroshima memiliki motif yang minimalis dan model lebih segar.

Baca juga: Shopee Luncurkan Program Java in Paris, Ratusan Jenis Produk UMKM Akan Melantai di Paris

“Ini merupakan sebuah kebanggan bagi saya. Sebelumnya, saya belum merasa percaya diri untuk memperluas (pasar produk) ke Eropa karena takut produk saya tidak cocok,” kata pendiri Shiroshima, Dian.

Dengan masuk ke pasar Paris, lanjutnya, produk UMKM Indonesia juga memiliki potensi di kancah global. Ia pun ingin semakin dapat memberdayakan pembatik dan mendukung perekonomian lokal.

Pada kesempatan yang sama, Director of BHV Marais Home and Eataly Paris Marais Purchasing Amandine de Souza menyampakan bahwa Indonesia memiliki budaya yang kaya, tetapi masih sedikit masyarakat Perancis dan Eropa yang mengetahuinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.